Kades Tetap tak Puas Dana Bagi Hasil Turun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Tetap tak Puas Dana Bagi Hasil Turun

Kades Tetap tak Puas Dana Bagi Hasil Turun

Written By Mang Raka on Jumat, 03 November 2017 | 16.42.00

KARAWANG, RAKA - Turunnya anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) tahun 2017, dinilai Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), akibat kurang sinkronnya antara satuan kerja perangkat daerah.
Jika melihat nominalnya memang turun dari tahun sebelumnya Rp 50 miliar menjadi Rp 40 miliar untuk tahun ini. Yang jelas, Kata Sekretaris Apdesi Karawang Alex Sukardi, alasan pemerintah daerah terkait kemampuan keuangan pemerintah, tidaklah tepat.
Karena sesuai regulasi, kata Alex, DBH diperoleh dari retribusi dan pajak sebesar 10%. Namun pada kenyataannya, pada saat dirinya berdialog Pemkab Karawang, untuk tahun ini Pemkab Karawang hanya sanggup memberikan 4,7 persen saja, atau Rp 40 miliar dari total PAD Rp 900 miliar lebih.
Atas kondisi tersebut, dirinya bersama anggota Apdesi lainnya berharap regulasi pembagian yang dari 40-60 persen diubah menjadi 20-80 persen. Sehingga bisa mendekati angka yang terdekat. "Juga biar desa yang berada di pelosok mendapatkan nilai DBH yang sama dengan desa yang berada di daerah kawasan industri," ujarnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template