Kades Minta Status Tanah Karawang Baru Diperjelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Minta Status Tanah Karawang Baru Diperjelas

Kades Minta Status Tanah Karawang Baru Diperjelas

Written By Angga Praditya on Selasa, 28 November 2017 | 14.30.00

KLARI, RAKA - Status tanah Karawang Baru yang luasnnya mencapai 1065 hektare dipertanyakan. Pasalnya setelah disita oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) pada akhir tahun 2016 lalu, sampai saat ini belum ada kepemilikan baru atas tanah tersebut.
"Kami minta ada kejelasan, status tanah itu karena banyak juga yang nanya ke saya," kata Kepala Desa Karanganyar, Kecamatan Klari Henry Irawan, kepada Radar Karawang, Senin (27/11).
Dia menyampaikan, sepengetahuannya saat ini tanah tersebut masih disita oleh Kejagung dan belum ada pemilik baru. Belum lagi dalam kasus sebelumnya tanah tersebut memiliki tunggakan pajak kepada pemerintah yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah, sehingga meski banyak yang mempertanyakan persoalan tanah tersebut dirinya sebagai kepala desa tidak bisa menjelaskan secara detail. "Masih ditangani sama kejaksaan agung, kami juga inginnya segera ada kejelasan," ujarnya.
Karena, dalam kondisi status tanah yang disita oleh Kejagung menjadi salah satu penghalang juga bagi pemerintahan desa untuk bisa meningkatkan pajak. Terlebih perolehan pajak itu salah satu acuan untuk menentukan berapa besar dana bagi hasil yang didapatkan oleh setiap desa.
Karena salah satu ketentuan mendapatkan dana bagi hasil adalah yang 60 persen dibagikan secara rata, sedangkan yang 40 persen dibagikan sesuai perolehan yang dimiliki. Sehingga jika luas tanah yang mencapai 1065 hektare itu kepemilikannya jelas, maka pajak yang ditagihkan juga jelas. "Kalau tanah itu kepemilikannya jelaskan enak yah, ada potensi yang bisa digali," bebernya.
Pantauan Radar Karawang, meski saat ini status tanah tersebut disita oleh Kejagung, tetapi selain sudah diisi dengan pembangunan perumahan Karawang Baru, banyak juga dikelola oleh masyarakat untuk kepentingan perkebunan dan pesawahan.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template