Kades Minta Bagi Rata Tanah Bengkok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Minta Bagi Rata Tanah Bengkok

Kades Minta Bagi Rata Tanah Bengkok

Written By Mang Raka on Kamis, 09 November 2017 | 14.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Keberadaan tanah bengkok yang dinilai tidak merata di setiap desa di Kabupaten Karawang, menimbulkan kesenjangan sosial antara kepala desa (Kades). Bagi kades yang di desanya tidak mempunyai tanah bengkok, mendesak pemerintah Kabupaten Karawang lakukan pemerataan tanah bengkok desa. Pasalnya, tanah bengkok yang berada di desa secara tidak langsung dapat menghasilkan dan menambah Pendapatan Asli Desa (PADes).
Kades Mulyajaya Endang AMd.Kom, dirinya mengakui banyak desa tidak mempunyai tanah bengkok. Sedangkan Pemkab Karawang mendesak desa agar PADes bisa terpenuhi. Namun, tidak semua desa mempunyai tanah bengkok ataupun penghasilan desa yang tetap. Atas hal tersebut, dirinya mendesak Pemkab Karawang untuk mendata ulang dan membagikan tanah bengkok yang berada di Kabupaten Karawang, agar dialokasikan ke tuap-tiap desa. "Supaya rata, tanah bengkok tolong dibagi secara rata ke seluruh desa," katanya, kepada Radar Karawang.
Terlebih, kata Endang lagi, banyaknya dugaan kades yang sengaja menjual atau menggadaikan tanah bengkok tersebut untuk keperluan politik dalam mencalonkan diri menjadi kades. Atas hal tersebut, para kades yang tidak mempunyai bengkok mendesak Pemkab Karawang membagi rata tanah bengkok yang berada di Kabupaten Karawang.
Sedangkan menurut Kepala Desa Sampalan Jamaludin, mengakui Desa Sampalan tidak mempunyai tanah bengkok. Padahal, Desa Sampalan merupakan desa induk di Kecamatan Kutawaluya  yang sebelumnya sudah melalui proses pemekaran. Dirinya mengakui hanya beberapa desa di Kecamatan Kutawaluya yang mempunyai tanah bengkok. Ia berharap, Pemkab Karawang agar membagi rata tanah bengkok tersebut untuk tuntutan PADes dapat terpenuhi. "Desa Sampalan, desa induk terjadi pemerakaran menjadi 7 desa di Kecamatan Kutawaluya, tapi desa induknya sendiri tidak ada bengkok, sedangkan desa pemekarannya sendiri mempunyai bengkok," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template