Kader Posyandu Dilatih Tangani Rubella - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kader Posyandu Dilatih Tangani Rubella

Kader Posyandu Dilatih Tangani Rubella

Written By Angga Praditya on Senin, 13 November 2017 | 16.30.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA -  Puluhan ibu-ibu di lingkungan Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur, mengikuti kegiatan Pelatihan Kader Posyandu. Kegiatan yang difasilitasi Pemerintahan Desa Sirnabaya tersebut berisi penyuluhan mengenai penyakit campak dan rubella dan cara penanganannya.
Kegiatan yang mengusung tema Masyarakat Desa Sirnabaya Terbebas dari Penyakit Campak dan Rubella itu langsung dibuka Kepala Desa Sirnabaya Ir. Masuran didampingi tenaga kesehatan Puskesmas Telukjambe Timur dan tokoh masyarakat serempat. "Melalui kegiatan ini kedepannya diharapkan kader posyandu dapat memahami dengan baik dan benar mengenai penyakit campak dan rubella," ucap Masuran.
Kades Masuran menambahkan peran kader posyandu yang selama ini bekerja tanpa pamrih, sehingga kegiatan Posyandu di Desa Sirnabaya dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan Posyandu yang biasa dilaksanakan di masyarakat meliputi pendaftaran,  penimbangan,  pencatatan,  pelayanan kesehatan, penyuluhan kesehatan, percepatan penganekaragaman pangan dan peningkatan perekonomian keluarga.
"Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat, karena itu, upaya pemberdayaan masyarakat dalam strategi Posyandu menjadi sangat penting, mengingat masyarakat merupakan kelompok kecil dan berpengaruh sangat nyata. Masyarakat merupakan pengelola yang langsung memiliki waktu, mau dan mampu untuk menyelenggarakan kegiatan Posyandu secara sukarela,” ucapnya.
Senada itu Sekdes Desa Sirnabaya Deni Rukmana SE, mengatakan pembinaan dan pelatihan yang berlangsung itu dapat menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta, sehingga mampu bekerja dan merencanakan serta mengevaluasi hasil maupun permasalahan dan kendala-kendala program Posyandu secara nyata di lapangan. "Kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak," terang Deni.
Masih dikatakan Deni, pelatihan yang digelar saat itu menjadi pendorong semangat bagi masyarakat. Karena, menurut Deni, tujuan utama terselenggaranya posyandu adalah untuk kesehatan ibu dan anak. Selain mendukung penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang secara nasional masih tinggi kasusnya.
Secara terpisah Sainah (30) warga Desa Sirnabaya yang juga ibu rumah tangga ini menyampaikan dengan mengikuti penyuluhan kader posyandu dirinya jadi tahu keuntungan bisa membantu sesama. "Ini merupakan sarana kita beribadah juga dan kita dapatkan pahala sedangkan kita mendapatkan pengetahuan lebih perihal bagaimana menolong sesama," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template