Jembatan Jl Veteran Johar Masih Belum Dibuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Jl Veteran Johar Masih Belum Dibuka

Jembatan Jl Veteran Johar Masih Belum Dibuka

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 November 2017 | 15.57.00

KARAWANG, RAKA - Proyek pembangunan jembatan Sukamulya Johar di Jl Veteran Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, sudah rampung dan tinggal menunggu peresmiannya. Saat ini masyarakat sudah tidak sabar untuk menggunakan jembatan tersebut. Terlebih secara fisik sudah memasuki minggu kedua sejak jembatan itu selesai di cat.
"Jembatannya sudah selesai tapi kenapa belum dibuka juga. Padahal kalau sudah dibuka warga tidak perlu lagi jauh-jauh memutar sampai Tanggul Johar untuk menyeberang," ucap Rahmat (32) warga Kampung Sukamanah yang setiap hari menyeberangi irigasi Johar untuk bisa sampai ke tokonya yang berada diseberang jembatan, kemarin. Rahmat berharap jembatan itu segera dibuka untuk umum.
Selama ini selain memutari tanggul johar yang jaraknya sekitar 300 meter warga juga menggunakan jembatan komersil yang berada disebelah proyek untuk menyeberang irigasi. Hanya saja ada tarif yang harus dibayar sebagai biaya menggunakan jembatan papan itu. "Kalau sehari saja dua kali bolak-balik menyeberangi irigasi sudah ketahuan Rp 8000. Uang Rp 8000 itu kan lumayan besar. coba kalau jembatannya sudah dibuka kan tidak perlu keluar biaya," terang Lany (26), warga Perumahan Gading Elok menyesalkan jembatan Sukamulya meski sudah rampung tetapi tak kunjung dibuka.
Seperti diketahui proyek pembangunan jembatan ini berlangsung sejak 14 Mei lalu dan direncanakan rampung dalam enam bulan. Proyek itu sendiri menelan dana Rp 2.326.497.000 dan keseluruhan bersumber dari APBD Karawang, dengan kontrak kerja selama 180 hari kerja bukan hanya melaksanakan pembangunan jembatan melainkan dengan pembangunan pelebaran jalan di Jalan Veteren tanggul Irigasi Tarum tengah.
Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui bagian Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Mistama menyampaikan, hadirnya jembatan Sukamulya Johar dengan dengan diameter 26,56 M dan lebar 5,00 M dan didanai oleh Pemerintah Daerah Karawang. Sementara pelaksana proyek CV Gunung Mas dilaksanakan pada 14 Juni hingga 10 Desember mendatang.
Sementara itu, informasi akan dilakukan proyek yang sama di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, tengah dinanti-nanti masyarakat. Pemicunya, perlintasan jalan tanggul Irigasi KW 6 yang menghubungkan Karangpawitan dengan Kepuh itu kerap menjadi lokasi kemacetan setiap pagi dan sore hari. Petugas kebersihan yang biasa bertugas di sekitar lokasi tersebut, Ervin (33) mengatakan, bukan hal yang baru baginya jika di jalan tanggul irigasi KW 6 menuju Jalan Rubaya di Kepuh, seringkali membuatnya geleng-geleng kepala akibat masih sempitnya perlintasan. "Kabarnya jembatan KW 6 akan mendapatkan perbaikan namun sampai saat ini belum juga kunjung ada kepastian," ucap Ervin.
Soal rutinitas macet yang terjadi di jembatan itu, tutur Evin,  terjadi akibat banyaknya pengendara motor yang menggunakan jalan tetapi tidak mau diatur oleh petugas. Sehingga setiap pagi dan sore hari kemacetan tidak terelakkan. "Macet akibat motor yang gak mau diatur dan tidak mau saling mengalah," keluhnya.
Karenanya ervin berharap pemerintah daerah segera membangun jembatan baru seperti yang dibangun di Kelurahan Karawang Wetan, depan Perum Gading Elok. Sehingga masyarakat tidak lagi terganggu saat melaksanakan aktifitas pagi maupun sore hari. "Minimal kalau tidak dibuatkan jembatan baru seperti depan Perum Gading Elok ya diperbaikilah jembatan KW 6 ini. Jembatan ini kan selalu macet baik pagi, siang dan sore. Kecuali hari libur, Senin sampai Sabtu setiap hari disini macet," tuturnya.
Secara terpisah, staf Kelurahan Karangpawitan Karno mengatakan usulan pembenahan jalan tanggul irigasi KW 6 sudah sangat lama diusulkan sejak 2013 lalu. Kabarnya tahun 2017 akan dilakukan pelaksanaan namun belum tahu  kapan persisnya. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template