HMI Beri Bantuan Sembako pada Mak Inah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » HMI Beri Bantuan Sembako pada Mak Inah

HMI Beri Bantuan Sembako pada Mak Inah

Written By Angga Praditya on Kamis, 23 November 2017 | 19.00.00

JATISARI, RAKA - Sebagai bentuk rasa kepedulian sosial terhadap warga kurang mampu, Himpunan mahasiswa Islam (HmI) Cabang Karawang, memberikan bantuan sembako kepada  nenek paruh baya, Inah (60) warga kampung Cirejag RT 02/03, Desa Cirejag, Kecamatan Jatisari. Pasalnya kondisi kehidupan nenek tersebut tergolong memrihatinkan.
"Kedatangan kami ke kediaman Ma Inah, untuk memberikan bantuan berupa sembako dan santunan hasil dari donasi temen-teman HMI Cabang Karawang dan temen-temen mahasiswa cirebon yang kuliah di Unsika," Agung Septian Maulana Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Cabang Karawang, kepada Radar Karawang, di kediaman Mak Inah, Rabu (22/11).
Nenek tua tersebut, kata Agung kehidupannya sangat memprihatinkan, karena hanya tinggal di gubuk yang ukurannya 2 kali 2 meter. Oleh karenanya, dia meminta agar pemerintah daerah khususnya pemerintah desa setempat, segera memberikan tempat tinggal yang layak. "Terusus untuk pemerintah daerah, coba untuk segera memberikan tempat yang layak bagi Mak Inah. Beliau ternyata sudah bertahun-tahun hidup dalam kondisi skekurangan," ujarnya.
Dilokasi yang sama, Ketua Umum HMI Cabang Karawang, Rudi Maulana menyampaikan, berawal dari informasi media sosial terhadap kehidupan nenek sebatang kara yang hidup dipinggiran bantaran sungai tersebut, mampu mengetuk kepedulian kemanusian dirinya bersama kawan-kawan pengurus dan kader HMI Cabang Karawang. Karena tidak hanya tempat tinggal yang terbilang kecil. Namun terlihat ada rasa ketakutan dalam diri nenek tua tersebut. "Ditengah-tengah pembangunan infrstruktur daerah yang kian pesat, seharusnya dapat mendorong tidak ada lagi warga yang hidup tidak layak di kabupaten ini," ucapnya.
Hal itu, masih dikatakan Rudi, sesuai dengan Pasal 34, ayat 1, Undang Undang Dasar 1945, tentang Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial, bahwa fakir, miskin dan anak-anak terlantar, dijamin oleh negara. Maka dari itu, pemerintah wajib menyediakan fasilitas kesehatan dan pelayanan umum yang layak. "Maka kami mendorong agar  pemerintah daerah, sesuai Pasal 34 ayat 1, UUD 1945, bahwa kondisi yang dialami Mak Inah ini, sudah jelas untuk diperhatikan pemerintah karena dilindungi undang-undang tersebut," ujarnya.
Dia menambahkan, rasa kepedulian sosial ini, tidak hanya tuntas begitu saja. Namun, kepedulian terhadap sesama ini, akan terus digulirkan dengan proses terus mencari informasi disejumlah wilayah lainnya. Hal tersebut agar tidak ada lagi warga di Karawang, yang hidup tidak layak.
Kades Cirejag, Dadang Supriatna menyampaikan, upaya pihak desa dalam memberikan kehidupan yang layak sudah dilakukan. OLeh karenanya dalam waktu dekat keberadaan tempat tinggal nenek tua itu masuk program prioritas untuk mendapatkan rumah yang layak ditempati. "Sebenarnya, Mak Inah ini sudah 3 kali pindah, kondisi Mak Inah yang hanya tinggal di gubuk kecil itu sudah berjalan 2 tahun lamanya, kami juga sudah akan memberikan program rutilahu, cuman saat ini kami masih mencari lokasi yang nantinya akan ditempati Mak Inah," katanya.
Bahkan, kata dia, kehidupan Mak Inah yang sangat memprihatinkan tersebut, menjadi target utama pemerintahan desa untuk bisa membantu menyelesaikan permasalahan tempat tinggal. Karena secara data kependudukan, merupakan asli warga Desa Cirejag. "Kami sangat mengutamakannya, bahkan kami juga sudah meminta bantuan Dinas Sosial," ujarnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template