Hati-hati di Palang Pintu Kosambi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hati-hati di Palang Pintu Kosambi

Hati-hati di Palang Pintu Kosambi

Written By Mang Raka on Jumat, 10 November 2017 | 17.00.00

KLARI, RAKA - Kesadaran masyarakat serta orangtua siswa dalam menjaga putra-putri tergolong masih rendah. Hal itu bisa dilihat dengan suasana setiap sore hari di Dusun Kosambi II Timur RT 26/07, Desa Duren, Kecamatan Klari, tepatnya di perlintasan rel kereta api Kosambi, terdapat lalu lalang siswa Sekolah Dasar (SD) yang pulang dari sekolah dengan tidak didampingi orangtuanya.
Kasi Trantib Desa Duren Syarif Hidaytullah menyampaikan, orangtua siswa dalam menjaga kehidupan putra-putrinya sehari-hari diluar jam sekolah memang sangat penting. Maka diwajibkan bagi setiap orangtua siswa untuk bisa lebih memperhatikan kehidpan anak-naknya. "Jelas bahaya, gimana kalau mereka celaka di jalan terus kena culik, makanya orantua kalau bisa anter dan jemut anaknya ke sekolah, jangan dibiarkan sendiri," katanya.
Selain itu setiap anak mengikuti kegiatan belajar di sekolah memang sudah menjadi kewajiban sekolah selama berada di lingkungan belajar. Namun jika selama siswa tersebut berada di luar lingkungan sekolah, maka bukan kewajiban sekolah lagi untuk menjaga anak-anak tersebut. Oleh sebab itu dirinya terus meminta kepada setiap orangtua siswa untuk bisa meluangkan waktunya mengantar putra-putrinya ke sekolah. Jangan sampai kata dia, anak penerus bangsa menjadi korban kecelakaan atau kejahatan akibat kelalaian orangtua. " Sekolah sudah tidak bertanggungjawab lagi ketika sudah pulang belajar, sissanya yang orangtua siswa lah yang harus memperhatika kehidupannya di luar sekolah," ungkapnya.
Hal serupa disampikan Haerudin salah satu penjaga pintu rel kereta api di Kosambi, memang tidak pernah ada kejadian kecelakaan di lokasi yang dia jaga selama bertahun-tahun itu. Namun wasapada akan terjadinya kecelakaan tetap harus menjadi prioritas. Jangan sampai kata dia, setiap pengendara yang melintas jadi korban kecelakaan kereta api. "Belum ada kecelakaan sih, tapi tetap harus waspada kalau anak sekolah emang banyak yang lewat sini tanpa didampingi oleh orangtuanya," akunya.
Dia juga menghinbau kepada setiap anak yang melintasi jalan untuk bisa lebih berhati-hati lagi. Sebab, tidak sedikit sejumlah pelajar yang melintasi jalan kereta api tersebut. Meski sudah diberi palang pintu peringatan bahwa akan ada kereta lewat, tapi tetap saja terkadang ada yang menerobos. "Yang pake motor juga banyak yantg tidak pake helm, udah gitu yang jalan kaki kebanayakan anak-anak," tuturnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template