Guru TK Diajari Mendongeng - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru TK Diajari Mendongeng

Guru TK Diajari Mendongeng

Written By Angga Praditya on Senin, 13 November 2017 | 17.30.00

*Upaya Membangun Karakter Siswa

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sedikitnya 44 guru Taman Kanak-Kanak (TK) Gugus Cilamaya Wetan dan Jatisari menggelar workshop pelatihan mendongeng dan media dongeng di TK Edukids, Dusun Kedung Asem, Desa Mekarmaya, baru-baru ini. Guru yang datang dari 11 lembaga pendidikan tersebut menyimak paparan dan cara mendongeng yang disampaikan pendongeng nasional Syamsul alias Syam Baduy.
Kepala TK Edukids Diah Sulistiawaty mengatakan workshop pelatihan mendongeng dan media dongeng ini inisiatif pihaknya yang kemudian digelar di TK yang baru berdiri ini. Bersama para peserta sebanyak 44 guru dari 11 TK gugus Cilamaya Wetan dan Jatisari, Syamsul sebagai narasumber membagi ilmu praktik media dongeng hingga metodenya. Tujuannya, sebut Diah, agar guru-guru TK bisa mendeliveri pembelajaran yang membuat anak-anak happy dan menyenangkan. Sehingga, ilmu dan metodenya mampu menggugah pola pikir dan merangsang kecerdasan anak seusia TK ini.
Pelatihan ini menginspirasi para peserta guru TK untuk lebih mendalami lagi cara menyampaikan materi. Diah menilai waktu pelatihan yang digelar kurang lama durasinya karena waktunya yang sempit, sehingga sambung Diah, para guru TK mewacanakan pelatihan-pelatihan susulan dengan materi dan tema yang berbeda. "Sebanyak 44 guru dari 11 TK di dua gugus ini jadi pesertanya, alhamdulillah daya serap pemahamannya cepat terinspirasi dan ingin ada lanjutannya," ungkapnya.
Lebih jauh Diah menambahkan, pelatihan dongeng dan medianya ini menginspirasi guru-guru TK untuk terus melanjutkan pelatihan, apalagi narasumbernya merupakan maestro dongeng yang sudah memahami betul dongeng-dongeng jenaka berikut metodenya untuk cara penyampaian pada anak-anak. Semoga saja, pertemuan awal ini selain jadi ajang silaturahmi juga menjadi momen menguatkan pendidikan TK-TK yang ada di dua gugus ini. "Pematerinya juga kita datangkan dari Jakarta yang berkompetensi dibidangnya," pungkasnya.
Pemilik UPTD Pendidikan Kecamatan Cilamaya Wetan, Romli S.pd mengatakan, workshop pelatihan mendongeng ini sangat baik dan layak terus berkelanjutan, tujuannya, tidak lain adalah untuk meningkatan kompetensi pedagogik dari para guru TK dengan metode pembelajaran yang variatif dan lebih menarik serta menyenangkan. Selain itu sambung Mantan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Lemahabang ini,  dongeng dapat pula sebagai sarana membangun karakter (character Building) siswa, karena dalam mendongeng terdapat falsafah atau nilai nilai kehidupan. "Dalam mendongeng terdapat falsafah kehidupan, jadi ini bisa jadi sarana character Building bagi anak," ungkapnya.
Romli menambahkan, Para guru saat pelatihan terlihat antusias dan bersemangat mengikutinya. Karena ia bersama Kepala UPTD ikut serta disesi pertama dan memang sangat baik dan menginspirasi. Dirinya juga mengacungi jempol buat TK binaannya yaitu Edukids di Mekarmaya ini yang sudah memfasilitasi keberlangsungan kegiatan yang inspiratif ini dan patut jadi percontohan. "Guru TK sangat antusias saya lihat, kebetulan saya bersama Kepala UPTD juga hadir dan mengikuti di sesi pertama," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template