Gas Pindo Deli 2 Bocor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gas Pindo Deli 2 Bocor

Gas Pindo Deli 2 Bocor

Written By Mang Raka on Kamis, 09 November 2017 | 11.06.00

11 Warga Ciampel Keracunan

CIAMPEL, RAKA - Suasana di Dusun Cigempol Desa Kutamekar dan dan Dusun Karees Desa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, mendadak heboh sekitar pukul 07.00 WIB, Rabu (8/11). Belasan warga tiba-tiba merasa mual dan pusing. Karena kondisi mereka semakin parah, akhirnya satu per satu dibawa ke Poliklinik PT Pindo Deli 2 dan sebagian ke Rumah Sakit Rosella Karawang. Diduga, persoalan itu dipicu oleh bocornya gas coustik soda yang berasal dari PT Pindo Deli 2. Kondisi yang sama juga pernah terjadi beberapa tahun lalu. Menurut saksi kejadian, Enda (50), warga Dusun Cigempol, sebelum kejadian, warga beraktivitas seperti biasa. Namun, sekitar pukul 07.00 WIB banyak yang merasa mual, pusing, serta badan lemas. "Warga banyak menghirup gas bocor dari perusahaan yang tidak jauh dari pemukiman warga," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Kapolsek Ciampel AKP Ricky Adipratama mengatakan, pihaknya baru mengetahui peristiwa itu dari laporan bhabinkamtibmas yang berada di lokasi sekitar warga. Heran dengan kejadian tersebut, akhirnya jajaran kepolisian langsung mendatangi tempat kejadian perkara.  "Semuanya belasan orang yang mengalami keracunan, itu berasal dari bocornya gas PT Pindo Deli 2," terangnya.
Untuk menghindari hal yang tidak diinginakan, akhirnya para korban yang mengalami keracunan dibawa ke Poliklinik PT Pindo Deli 2 untuk mendapatkan penanganan medis sementara. Sedangkan yang mengalami keracunan cukup serius dilarikan ke Rumah Sakit Rosella. "Sebelumnya dibawa ke klinik perusahaan itu, dan sisanya dibawa ke rumah sakit," terangnya.
Dia mengatakan, warga yang dirawat di poliklinik adalah Rosadi (57) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, Asep Rudiana (21) warga Dusun Karees RT 13/06 Desa Kutapohaci, Jumad (56) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, Lastri (30) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar. Sedangkan korban yang dilarikan ke rumah sakit yaitu Yusup (40) warga Dusun Cigempol RR 01/02 Desa Kutamekar, Siti Haryati (30) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, Acih (40) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, Sapti (30) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, Heni (30) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, Suryani (32) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar, dan Windayanti (30) warga Dusun Cigempol RT 01/02 Desa Kutamekar. "Tapi sekarang semuanya sudah pada pulang ke rumahnya masing-masing kok," jelasnya.
Ia melanjutkan, kebocoran gas tidak hanya sekali ini saja. Melainkan pernah terjadi beberapa tahun lalu. Namun untungnya, kali ini kejadian kebocoran tersebut tidak separah tahun yang lalu. "Dulu juga pernah sama kejadiannya keracunan. Lebih parah dulu dibandingkan yang sekarang mah," ungkapnya.
Agar kejadian yang bisa merenggut nyawa itu tidak kembali terjadi, dirinya menegaskan kepada PT Pindo Deli 2 agar lebih serius lagi dalam bertugas dan bekerja. Jangan sampai masyarakat setempat yang terus-terusan menjadi korban. "Pihak perusahaan harus bertanggung jawab atas semua kerugian yang dialami oleh warga," tegasnya.
Menurutnya, setelah mendatangi perusahaan tersebut, PT Pindo Deli 2 berjanji akan mengganti rugi dan bertanggungjawab atas semua pengobatan yang diderita masyarakat. "Perusahaan semua yang bertanggung jawab, pihak kepolisian hanya melakukan penanganan kepada masyarakat saja," ucapnya.
Bukan hanya itu, kejadian tersebut juga mengundang jajaran Polres Karawang untuk melakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Menurut salah satu sumber di internal perusahaan itu, kata Ricky, kesalahan tersebut memang dialami oleh perusahaan karena kebocoran dari salah satu pipa gas. "Pihak perusahaan juga mengakui. Katanya ada yang bocor sehingga gas tersebut meluas ke perumahan warga. Sekarang dalam tahap perbaikan, semoga tidak terjadi lagi," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template