Eceng Gondok Tutupi Irigasi Cikalong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Eceng Gondok Tutupi Irigasi Cikalong

Eceng Gondok Tutupi Irigasi Cikalong

Written By Angga Praditya on Selasa, 21 November 2017 | 20.30.00

CILAMAYA WETAN,  RAKA - Jika melintasi Saluran Sekunder (SS) Kalong penghubung Desa Cikalong dengan Desa Cikarang Kecamatan Cilamaya kulon, masyarakat dan pengendara akan disuguhi pemandangan tak biasa. Hamparan eceng gondok sepanjang kurang lebih 150 meter hampir menyerupai daratan menutupi permukaan irigasi itu. Tidak itu saja,  jembatan penghubungnya yang nerukuran 6 x 4 meter tersebut jebol sehingga membahayakan pengendaran yang melintas diatasnya.
Kasie Ekbang Desa Cikarang Nata S mengatakan eceng gondok di Dusum Krajan RT 11/10 Desa Cikarang tidak bisa dibersihkan mengandalkan ulu-ulu alias waker saja. Perlu banyak orang untuk mengangkat ganggang dan eceng gondok yang tersangkut di jembatan rusak hampir 150 meteran tersebut. Selain bisa mengakibatkan aliran air mampet dikhawatirkan tanaman air itu akan mendorong material jembatan yang sudah lapuk. "Jembatan ini akses hidup masyarakat dua desa, karenanya dua-duanya, baik eceng gondok dan sarana jembatannya harus diberesi segera," tandas Nata, Senin (20/11).
Dikatakan Nata, pemerintah desa sadar kondisi jembatan sudah harus diperbaiki karenanya setiap tahun selalu diajukan, bahkan sudah mendapat sinyal bahwa jembatan tersebut siap direalisasi tahun ini dari ABT. Namun harus kembali gagal lantaran dialihkan ke jalan poros Dusun Banteng Ompong. Karenanya, pemerintah desa baru bisa menambal saja melalui dana dari Iuran Rutin Desa (IRTD). "Katanya mau dibangun dari ABT Tapi sayangnya dialihkan ke jalan poros," ujarnya.
Kasie Pemeliharaan PJT II Sektor Telagasari Kalimin mengatakan soal tumpukan eceng gondok pihaknya sudah mengetahuinya khusus di SS Kalong. Karenanya akan ditindaklanjuti bersama para Waker. Namun soal jembatannya,  memang itu terlalu rendah sehingga membuat tumpukan eceng menggunung. Pihak PJT II sudah menyampaikan ke desa soal jemnatan itu, karena sepenuhnya adalah milik desa, namun sampai saat ini kabarnya belum juga realisasi. "Itu jembatannya juga terlalu pendek kita sudah bicara dengan desa tetapi belum ada realisasinya," pungkasnya.
Senada itu diungkapkan Kepala PJT II Karawang Suwondo, terkait informasi maraknya serbuan eceng gondok dia pastikan akan menindaklanjutinya. "Makasih infonya. Siap ditindaklanjuti," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template