Dishub Uji Coba Apil - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dishub Uji Coba Apil

Dishub Uji Coba Apil

Written By Angga Praditya on Sabtu, 18 November 2017 | 13.00.00

Iwan Kristiawan: Idealnya Perempatan Johar Empat Apil

KARAWANG, RAKA - Uji coba traffic light 4 fase yakni 1 hijau 3 merah di perempatan lampu merah Johar telah dilakukan, Jumat (17/11). Sayangnya uji coba itu masih menuai keluhan pengguna jalan karena terjadi kemacetan panjang, terutama yang melintasi Jalan Syekh Quro menuju Wadas Lemahabang.
Kabid Prasarana sekaligus menjabat Pelaksana tugas Kabid Lalulintas Iwan Kristiawan, terkait kemacetan itu mengatakan uji coba itu masih dalam tahap pemantauan dan nantinya akan ada evaluasi. "Uji coba ini dilakukan dengan sistem 4 fase artinya satu lampu menyala hijau tiga merah dan bagian tengah jalan menjadi titik pusat simpulnya saat ini masih dalam tahapan pemantauan untuk nanti menjadi bahan evaluasi," ucap Iwan. 
Masih dikatakan Iwan dalam sistem lalulintas itu pihaknya memberlakukan seperti halnya Apil yang ada di perempatan lampu merah DPRD. Apil adalah alat pemberi isyarat lalulintas dan berfungsi sebagai pengatur lalulintas yang ditempatkan pada setiap perempatan atau pertigaan di jalan raya. Bila lampu berwarna merah, maka kendaraan diwajibkan berhenti, namun yang apil boleh berbelok.
Dikatakan IWan alasan uji coba Apil di perempatan lampu merah Johar karena yang mempunyai simpang empat yang paling mencerminkan sebuah lalulintas yang memiliki tolak ukur di Kabupaten Karawang itu hanya di Johar. Uji coba itu rencananya dilakukan selama satu minggu setelah itu dilaporkan kepada pimpinan agar dilakukan evaluasi dengan mengundang SKPD.
"Kita juga mendapat dukungan dan arahan dari kepolisian Polres Karawang. Setelah 7 hari diuji coba nanti baru diketahui apakah akan dilanjutkan atau tidak. Tetapi kami berharap kalau bicara tranportasi secara khusus apil Johar harus diberlakukan 4 fase dengan segala permasalahannya kalaupun ada hambatan," tuturnya.
Sementara itu, menanggapi uji coba empat apil di perempatan Johar berbagai tanggapan dilontarkan oleh masyarakat. Amil (35) misalnya, warga Desa Margasari, Kecamatan Karawang Timur. Dia menilai jika apil johar diberlakukan seperti sebelumnya. "Bagusan kemarin sekarang mah nambah parah macetnya, resiko macetnya panjang di Jalan Syekh Quro," utasnya.
Hal senada diungkapkan Ciming (50) warga Desa Pasir Jengkol Kecamatan Majalaya. Dia menyayangkan jika pemberlakuan 4 fase di Johar itu diberlakukan karena akan mengakibatkan kemacetan permanen di jalur Syekh Quro. "Macet lebih parah setelah diberlakukannya 4 fase, apalagi pagi dan sore banyak karyawan masuk kerja dan itu padat banget sehingga macetnya parah ini udah 2 hari," ujarnya.
Sementara Karsa (44) warga Kampung Maja, Desa Margasari juga mengatakan senada. Pemberlakukan traffic light 4 fase dengan mengadakan apil 1 Hijau dan 3 merah tidak lebih baik dari sebelumnya. "Lebih baik seperti kemarin saja. Meski sama-sama macet tetapi tidak separah ini," tandasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template