Diprediksi Ada Dua Balon Bupati Independen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diprediksi Ada Dua Balon Bupati Independen

Diprediksi Ada Dua Balon Bupati Independen

Written By Angga Praditya on Jumat, 24 November 2017 | 16.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Purwakarta 2018 mendatang, sejumlah kandidat calon di prediksi bakal memilih jalur perseorangan ketibang menggunakan perahu partai. Prediksi itu mencuat menyusul bocoran data aplikasi Silon yang menyebut ada dua pasangan calon independen yang tercatat minat maju lewat jalur perorangan.
Data dari aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) mencatat bahwa hingga Rabu (22/11) lalu ada dua tim yang berniat maju lewat jalur independen. Bila dihitung maka ada empat nama tokoh yang memilih maju lewat jalur perorangan. Sementara jumlah calon yang akan maju di Pilkada Purwakarta dapat dihitung sekitar sepuluh orang. Informasi dari berbagai sumber menyebut, empat nama calon yang maju lewat jalur independen itu yakni, Lutfi Bamala, Zaenal Arifin, Anne Ratna Mustika dan H. Aming. Tiga dari empat nama itu adalah kader aktif Golkar Purwakarta. "Artinya minat politik calon ke parpol sangat kecil," tutur Direktur Eksekutif Lingkar Studi Masyarakat Indonesia, Saefudin Sei, Kamis (23/11).
Menurutnya penyebab utama menurunya minat politik calon maju lewat parpol, adalah imbas dari elektabilitas patpol, tingkat kerumitan mekanisme hingga urusan belum jelasnya koalisi di tingkat provinsi. "Ini menjadi catatan tentunya, karena untuk maju lewat parpol itu sulit mulai dari mekanisme internal parpol, kecukupan kursi dukungan hingga rekomendasi dari pimpinan parpol di pusat. Sementara maju lewat jalur independen cenderung mudah," ujarnya.
Makanya tidak salah bila dia menyebut ada penurunan cara pandang politik masyarakat untuk maju di pilkada. Masyarakat memilih cara yang sederhana dan tidak berbelit. Maju melalui jalur perorangan pasangan calon diminta untuk memenuhi syarat dukungan minimal sekitar 13.000 lebih berkas Kartu Tanda Penduduk. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template