Dinas Lingkungan Janji Sanksi Pindo Deli 2 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinas Lingkungan Janji Sanksi Pindo Deli 2

Dinas Lingkungan Janji Sanksi Pindo Deli 2

Written By Angga Praditya on Jumat, 17 November 2017 | 12.00.00

CIAMPEL, RAKA - Resiko warga Ciampel untuk terkena racun atas bocornya gas caustic soda yang berasal dari PT Pindo Deli 2 bisa terulang. Karenanya perlu ada sanksi tegas terhadap perusahaan tersebut.
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang berjanji akan memberikan sanksi kepada PT Pindo Deli 2. Boediarto, salah satu pegawai Kecamatan Ciampel menyampaikan, kejadian yang menimpa belasan warga Desa Kutamekar dan Desa Kutapohaci itu bukan pertama kalinya terjadi. Melainkan sudah kedua kalinya dalam satu tahun ini terjadi. Maka dia meminta pihak perusahaan bisa memperbaiki segala kendala yang bisa mengakibatkan hal buruk terhadap masyarakat. "Sebelumnya juga pernah terjadi, sekarang itu yang kedua kalinya," terangnya kepada Radar Karawang, Kamis (16/11) kemarin.
Untungnya kata dia, dalam kejadian tersebut tidak sampai menelan korban sampai meninggal dunia. Namun jika dibiarkan ditakutkan kejadian serupa bisa kembali terjadi. Anehnya kata dia, jika memang bocornya gas pipa yang ada di perusahaan, mengapa bisa sampai terjadi kedua kalinya. Seharusnya pihak perusahaan bisa memprediksi terjadinya kebocoran. "Jangan sampai warga yang menjadi korbannya, saya kira ini bukan kebocoran tapi kelebihan gas," ungkapnya.
Selain merusak lingkungan dan kesehatan masyarakat, dia meminta agar Dinas Lingkungan Hidup segera melakukan pengecekan terhadap perusahaan yang bersangkutan. Bahkan kata dia, jika memang terbukti melanggar aturan pencemaran lingkungan yang bisa merugikan masyarakat, pemerintah mesti memberikan sanksi bagi perusahaan. "Harusnya ada pengecekan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)," harapnya.
Hal serupa juga disampikan Kepala UPTD Puskesmas Ciampel Asep Sunarya, catatan terakhir bulan ini hampir ribuan masyarakat yang berada di Ciampel terinfeksi terkena penyakit saluran pernapasan setiap bulannya. Penyakit yang dialami oleh masyarakat juga tak lain karena banyaknya industri yang tumbuh di wilayah Ciampel. Dan salah satunya adalah dampak dari bocornya gas yang dihasilkan PT Pindo Deli 2. "Bahaya kalau sampai tidak dicegah, ribuan masyarakat loh setiap bulannya terinfeksi penyakit saluran pernafasan," tuturnya.
Kapolsek Ciampel AKP Ricky Adipratama juga mengatakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kembali, pihak perusahaan harus lebih serius lagi dalam bertugas dan bekerja. Jangan sampai masyarakat setempat yang terus-terusan menjadi korban. "Ini untuk kedua kalinya, semoga tidak terjadi lagi dan pihak perusahaan harus bertanggung jawab atas semua kerugian yang dialami oleh warga," tegasnya.
Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang Wawan Setiawan mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti dugaan pelanggaran pencemaran yang dilakukan oleh PT Pindo Deli 2. Bahkan berjanji akan memberikan sanksi berupa paksaan pemerintah. Karena tahapan pemberian sanksi kepada perusahaan pencemar lingkungan adalah teguran tertulis, paksaan pemerintah, pembekuan izin dan pencabutan izin. "Untuk Pindo Deli 2, kami akan keluarkan (sanksi) paksaan pemerintah," kata Wawan.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari PT Pindo Deli 2. Saat didatangi Radar Karawang, salah satu petugas keamanan PT Pindo Deli 2 yang tidak menyebutkan namanya mengatakan, jika ingin bertemu dengan salah satu pimpinaan perusahaan harus ada janji terlebih dahulu. "Tidak bisa dadakan, harus ada janji dulu," tuturnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template