Dinas Arsip Sosialisasi Budaya Membaca - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinas Arsip Sosialisasi Budaya Membaca

Dinas Arsip Sosialisasi Budaya Membaca

Written By Angga Praditya on Rabu, 22 November 2017 | 17.30.00

*Kantor Arsip Nyaris Kosong
KARAWANG, RAKA - Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan menghadiri kegiatan Paten sementara sembilan belas pegawai di dinas itu sedang berada di lapangan. Praktis yang tersisa di kantor dinas tersebut hanya lima orang dari 25 orang jumlah pegawai termasuk kepala dinas yang ditempatkan di dinas tersebut.
Hal itu terungkap Selasa (21/11) sekitar pukul 10.00 WIB saat Radar Karawang mengunjungi kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah. Rencananya Radar Karawang akan mmenemui Kadis Arsip dan Perpustakaan Daerah Nahrowi dan bertanya perihal kegiatan dinas itu dalam giat paten di Kecamatan Pakisjaya. Sekaligus tentang rendahnya minat baca masyarakat dan upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan minat baca tersebut.
Menurut pegawai bagian Sekretariat pengelolaan Kepegawaian Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Wati, saat itu yang tersisa di kantor hanya dirinya bersama empat teman kerjanya. Sedang yang lain sibuk mengikuti kegiatan paten di Kecamatan Pakisjaya.
"Bapak sedang mengikuti giat Paten bersama sekretaris, yang lain mungkin sedang banyak kegiatan ke lapangan," tuturnya.
Dalam kegiatan itu, terang Wati, Dinas Arsip melakukan sosialisasi membaca sebagai upaya menumbuhkan minat baca terhadap masyarakat. "Kita memfasilitasi masyarakat untuk membaca. Itu kita lakukan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat," tutur Wati.
Wati sendiri menyadari minat baca masyarakat saat ini belum begitu bagus. Karena itu perlu adanya terobosan-terobosan untuk menumbuhkan minat baca tersebut. Diantara terobosan yang bisa dilakukan dengan menyampaikan informasi kepada masyarakat agar memanfaatkan perpustakaan untuk menambah pengetahuan. "Perlu sosialisasi terhadap keberadaan perpustakaan. Sebab, tidak semua orang tahu kalau kita punya perpustakaan," ucapnya.
Wati ingin mengatakan kalau tingginya minat baca di suatu daerah menjadi barometer tingginya aktualitas SDM di daerah bersangkutan. Sebaliknya rendahnya minat baca masyarakat karena belum maksimalnya masyarakat memanfaatkan perpustakaan untuk membudayakan membaca. Jika kenyataannya seperti itu maka ini bukti kalau peningkatan sumber daya manusia di Karawang masih lamban. Padahal jika ukurannya koleksi buku koleksi-koleksi buku di perpustakaan daerah sudah lengkap.
Terkait jumlah pegawai yang saat ini memperkuat Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Wati mengatakan keseluruhannya berjumlah 25 orang termasuk kepala dinasnya dan pegawai-pegawai di bagian sekretariat. "Ada sekitar 25 orang PNS termasuk kepala dinas yang ditempatkan di Dinas Arsip dan Perpustakaan," utas Wati.
Sementara menyikapi nyaris kosongnya kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Selasa (21/11), anggota Komisi  A DPRD Karawang Ahmad Fajar menyampaikan kalau Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tugas dan fungsi (tufoksi) yang harus ditaati. Jika bukan karena tugas terkait pekerjaannya mereka tidak boleh meninggalkan kantor apalagi jam kerja. 
Kalau sampai hanya tersisa lima pegawai dalam kantor pemerintahan itu merupakan kesalahan. Itu terjadi akibat kurangnya pembinaan yang menurutnya harus diperketat bahwa kehadiran secara administrsi reward dan panismen itu harusnya dilakukan sebagaimana ketentuan yang ada. "Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang sebagai badan yang bertanggung jawab juga pengawas ASN, honorer dan lainnya pada aspek kepegawian itu mutlak bertanggung jawab," ujarnya.
Dikatakan Ahmad, Dinas Kearsipan tentu saja ada kepala dinas sebagai penanggung jawab secara berjenjang dan ada BKPSDm sebagai langkah kordinatif dan juga ada kepala daerah Bupati sebagai pembina utama di daerah. Struktur itu ada dengan harapan semua sistem terbangun sehingga budaya kerja bisa ditingkatkan. Maka reward dan panismen harus dilakukan. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template