Dilarang Nongkrong Sampai Larut Malam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dilarang Nongkrong Sampai Larut Malam

Dilarang Nongkrong Sampai Larut Malam

Written By Angga Praditya on Senin, 27 November 2017 | 14.30.00

Petugas Keamanan Cikampek Utara Gencar Patroli

KOTABARU, RAKA - Sejumlah titik tempat nongkrong anak-anak muda di wilayah Cikampek Utara menjadi target operasi pihak keamanan setempat. Patroli yang melibatkan Bhabintibmas, Babinsa Angkatan Darat serta puluhan linmas Desa Cikampek Utara itu dilakukan dalam rangka menekan pelaku kejahatan dan tindakan kriminal yang kerap dilakukan pada malam Minggu.
Bhabintibmas Desa Cikampek Utara, Bripka Rahman menyampaikan, selama tiga bulan lalu menurutnya Desa Cikampek Utara tergolong tinggi angka kriminalitasnya. Diantaranya seringnya aksi tawuran antar pemuda, berbagai aksi kejahatan seperti pencurian dan lain sebagainya. Oleh karenanya, dengan menggandeng TNI dan linmas, pihaknya saat ini gencar melakukan patroli siang malam. "Bisa dilihat sendiri, kami patroli siang dan malam, agar wilayah ini bisa aman dari kriminalitas, dengan datang kesetiap tongkrongan anak muda yang ada diwilayah ini, untuk tidak berbuat kriminal maka kami juga lakukan sosialisasi pembinaan terhadap pemuda di desa ini," terang Rahman, saat menggelar patroli Minggu (26/11) dinihari.
Bahkan, kata Rahman, dengan langkah-langkah seperti inilah, pencegahan bisa berjalan secara efektif. selain mengingatkan seluruh anak muda disetiap titik tongkrongan agar tidak sampai larut malam dilakukannya juga mempersempit ruang gerak pala pelaku pencurian yang beraksi di lingkungan Cikampek Utara. "Saya bertugas disini sudah berjalan 4 bulan, selain peran aktif linmas saya disiplinkan untuk terus berpatroli, saya juga terus melakukan pembinaan, agar tidak ada yang terlihat nongkrong disepanjang jalan yang ada diwilayah kerja saya," ucapnya.
Dia juga mengakui banyaknya aksi kejahatan bahkan tawuran yang terjadi di malam Minggu. Namun dengan giat cipkon patroli keamanan desa ini, lambat laun kebiasaan buruk tersebut berangsur membaik. "Pas pidah tugas kesini, saya langsung bina linmas, biar kami bisa cepat tanggap dalam memecahkan persoalan kriminalitas dan sekarang dapat terbukti, kami bubarkan kalau terlihat ada yang masih nongkrong di malam hari, tapi sebelumnya dilakukan pembinaan dulu," katanya.
Udin Kasatgas Linmas Desa Cikampek Utara menyampaikan, baru kali ini, profesi linmas yang diembannya sangat terasa manfaatnya. Hal itu selain berbagai wawasan cara melakukan pembinaan, berbagai cara dalam berpatroli pun diajarkan. "Kami bangga jadi linmas, karena ini pengabdian kami. Rela keluar malam meninggalkan istri dan anak di rumah, untuk memberikan keamanan di wilayah ini," ucapnya.
Namun sangat disayangkan, meski berbagai prestasi dan predikat diraih linmas desa tersebut, dengan sertifikat piagam. Namun, seragam aparat yang dikenakan para anggota linmas terbilang memprihatinkan. Hal itu menjadi keluh kesah para linmas dalam bertugas. "Cuman kami suka bingung, tidak ada seragam buat ganti karena cuman satu-satunya, jadi kalau musim hujan gini, bingung untuk cadangan seragam, saya berharap kepala desa harusnya peka, kami sudah bekerja siang malam untuk mengamankan wilayah ini, harusnya peduli terhadap kami," bebernya.
Disamping itu, Ridwan salah seorang pemuda Kotabaru, menyampaikan, dia merasa terkejut saat adanya patroli yang dilakukan oleh pihak keamanan sampai ketempat-tempat nongkrong anak muda. Terlebih patroli dilakukan dengan melibatkan Linmas, TNI dan Polsi. "Saya awalnya cuek, cuman luar biasa tegas sekali mereka. Ya, benar juga kata aparat linmas sama pak polisinya, kalau kita nongkrong sampe larut malam takutnya kenapa-kenapa, kami baru sekali nongkrong diangkringan di perlintasan ini, tidak setiap malam Minggu," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template