Desa Dawuan Tengah Tingkatkan SDM Bidang Otomotif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Dawuan Tengah Tingkatkan SDM Bidang Otomotif

Desa Dawuan Tengah Tingkatkan SDM Bidang Otomotif

Written By Angga Praditya on Kamis, 16 November 2017 | 12.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Perkembangan industri di Karawang harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Hal itulah yang dilakukan Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, untuk menggembleng generasi pemuda yang ada di wilayahnya melalui pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) tingkat Provinsi Jawa Barat, yang diadakan di aula Desa tersebut.
Peserta training BLK gelombang III Pauzi Jein (24), warga Kampung Pajaten RT 04/05 Desa Dawuan Tengah mengatakan, dengan mengikuti pelatihan skil otomotif yang diadakan pihak desa diharapkan dapat menjadi suatu pembekalan dalam membuka peluang usaha dibidang perbengkelan. Hal itu dikarenakan, target pelatihan tersebut tidak hanya menyiapkan berbagai tenaga kerja ahli diperusahaan yang ada di Karawang. Namun mampu menyiapkan generasi muda di wilayah ini membuka peluang usaha. "Pelatihan ini pertama kali saya ikuti. Saya lulusan SMP, agar punya sekil dibidang otomotf saya ikut kegiatan ini. Karena memang pihak desa mengharapkan pemuda yang ada di desa ini, mulai dari lulusan SD, SMP dan SMA/SMK, memiliki kemampuan dibidang otomotif," ujar Jein kepada Radar Karawang, Rabu (15/11).
Pelatihan ini, kata dia, merupakan suatu program desa yang sudah berjalan cukup lama. Hal tersebut merupakan upaya dalam membaca potensi wilayah yang dipenuhi industri diberbagai kawasan yang ada disini. "Ini program desa, saya merupakan peserta pelatihan BLK gelombang 3," katanya.
Kepala Desa Dawuan Tengah, Jejen Jaena Arifin mengatakan, dalam setahun program pelatihan BLK yang dilakukan kerjasama dengan pihak Kujang serta pihak BLK Provinsi Jawa Barat tersebut dilakukan selama 4 kali. Hal itu bertujuan dalam menyiapkan SDM diberbagai lulusan pendidikan di wilayah ini. "Dalam setahun pembekalan training latihan otomotif ini, sebanyak 4 kali. Ini sudah masuk gelombang 3, dari setiap gelombangnya memang saya batasi hanya berjumlah 16 orang saja, biar penyerapan keilmuannya bisa maksimal," ujarnya.
Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini, tidak hanya mampu mengurangi angka pengangguran di wilayahnya. Namun bisa menjadi upaya dalam mencetak SDM yang berkemampuan baik serta dapat menyiapkan tenaga kerja yang produktif. "Setidaknya, ini bisa mengurangi angka pengangguran di Karawang, makanya kami kerjasamanya langsung dengan BLK Provinsi dan sejumlah perusahaan. Untuk pemuda yang ikut itu dari lulusan SD, SMP dan SMA/SMK yang ada di desa ini. Mereka mengikuti pelatihan secara bergelombang," tandasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template