Desa Cilegong Gratiskan Raskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Cilegong Gratiskan Raskin

Desa Cilegong Gratiskan Raskin

Written By Angga Praditya on Rabu, 15 November 2017 | 15.30.00

- Kerja Sama dengan Perusahaan

JATILUHUR, RAKA- Pemerintah Desa Cilegong mengratiskan beras miskin (raskin) kepada warganya. Hal ini hasil kerja sama pemerintah desa dengan sejumlah perusahaan.
"Biasanya selalu ada biaya untuk mengganti beras raskin, namun di desa ini beras raskin digratiskan dan dapat dinikmati secara cuma-cuma. karena biayanya diganti oleh pemerintah desa," kata Kepala Desa Cilegong, Dadang, kepada Radar Karawang, Selasa (13/11).
Diteruskannya, program tersebut sudah berjalan selama tiga tahun terhitung sejak pertama kali dirinya menjabat. Selain program gratis raskin, lanjutnya, ada juga biaya santunan kematian untuk warga yang tidak mampu. "Kalau kematian kan tidak selalu ada jadi sifatnya insidental. Santunan kematian bagi yang tidak mampu syaratnya sudah punya KTP dan besaran jumlah santunannya ialah 500 ribu," jelasnya.
Dadang juga menjelaskan ada juga pemberian uang tujuh belasan, yaitu pemberian uang kadeudeuh khusus dari kepala desa untuk RT dan RW dengan besaran Rp 100 ribu untuk RW, Rp 50 ribu untuk RT, untuk linmas Rp 25 ribu dan staf desa Rp 150 ribu, bamusdes Rp 300 ribu, babinsa Rp 150 ribu dan babinmas Rp 150 ribu tiap bulannya. "Pemberian uang kadeudeuh tersebut sebagai bentuk reward dan juga diharapkan menjadi motivasi untuk memberiman pelayanan lebih baiknkepada masyarakat," jelasnya.
Sekretaris Desa Cilegong, Agus Saepul menambahkan, untuk progran desa ada juga pemberian makanan tambahan (PMT) ke posyandu. "Tujuannya supaya orang ke posyandu tertarik seperti diberikan bubur kacang, jadi anak-anak pun tidak rewel nantinya. Alhamdulillah sudah berjalan selama tiga tahun juga," ungkapnya.
Dana yang digunakan untuk program desa ini, lanjutnya, hasil kerja sama dengan perusahaan. "Pengalokasian dana bersumber dari kerja sama pihak ke 3 diantaranya PT. Win textil, dengan rata-rata perbulan 10 juta, termasuk pembayaran uang kematian, PMT dan beras gratis," ujarnya.
selain dari kerja sama, kata Agus,  untuk bantuan dari provinsi pun dananya dialokasikan untuk rehab kantor desa dengan total Rp 55 juta, dan pembuatan irigasi Kampung Leuwipanjang RT 21, RW 05. "untuk dana desa tahap 1 sudah dialokasikan untuk pembangunan jalan desa, RT 11, RW 02 dengan total anggaran Rp 784 146 027," pungkasnya.(cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template