Data Warga Belum Rekam KTP Tidak Sinkron - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Data Warga Belum Rekam KTP Tidak Sinkron

Data Warga Belum Rekam KTP Tidak Sinkron

Written By Angga Praditya on Rabu, 29 November 2017 | 17.30.00

KOTABARU, RAKA - Data jumlah warga yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) di wilayah Kecamatan Kotabaru, tidak valid. Pasalnya berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Karawang sebanyak 6.024 orang belum melakukan perekaman, namun data kependudukan di Kecamatan Kotabaru hanya tinggal 2.000 orang yang belum melakukan perekaman tersebut.
Kasi Yanum Kecamatan Kotabaru, Muhamad Najib Soleh membantah, jumlah yang disampaikan pegawai Disdukcatpil Kabupaten Karawang saat rapat minggon Kecamatan bahwa jumlah yang belum melakukan perekaman KTP-El sebanyak 6 ribu lebih. Padahal, data tersebut jauh berbeda dengan yang dimiliki pihak kecamatan, yang hanya tinggal 2 ribu orang saja. "Wah salah itu, warga yang belum melakukan perekaman KTP-EL itu, bukan 6 ribu lebih, yang sebenarnya itu tinggal 2 ribu saja. Jelas kami sangat tidak menerima, karena selama ini kami sudah berusaha untuk mencapai target 100 persen tuntas direkam, dengan membuka pelayanan pada jam libur kerja, Sabtu dan Minggu (buka pelayanan)," terang Najib, kepada Radar Karawang, di ruang kerjanya, Selasa (28/11).
Padahal, kata Najib, data jumlah yang belum melakukan perekaman tersebut, sudah diberikan kepada dinas terkait. Namun, terkejutnya, saat dilaporkan jumlah warga yang belum melakukan perekaman masih pada posisi jumlah awal. "Data itu kan waktu dulu, waktu pertama kami berikan data itu. Kenapa masih belum update datanya, jadi tadi kami juga berikan data yang sebenarnya," ujarnya.
Najib berharap, pegawai Disdukcatpil meningkatkan ketelitiannya dalam bertugas, karena berbicara tentang kualitas etos kerja menjadi poin penting dalam bertugas. "Ya, kami sih berharap untuk teliti saja. Jadi biar jangan kaya gini, di dinas totalnya 6 ribu lebih, padahal data jumlah di kami tinggal 2 ribu saja, kami ada juga data secara detailnya," katanya.
Abdul Majid, Kepala Bidang (kabid) Identitas Kependudukan Disdukcatpil Kabupaten Karawang, saat tahu ada ketidak validan data antara kecamatan dan kabupaten, pihaknya mengaku akan segera mengecek kembali. Hal itu dikarenakan adanya penyerahan data terbaru yang baru didapatkannya. "Oh iya, nanti kita cek kembali," paparnya.
Sementara dalam rapat minggon Kecamatan Kotabaru, Abdul menyampaikan, bahwa sebanyak 6.024 orang yang belum melakukan perekaman KTP-EL, karena yang sudah merekam sebanyak 3.136 orang. Hal itu untuk segera dilakukan perekaman. terlebih tahun 2018 mendatang data tersebut akan menjadi acuan untuk pilgub Jabar. "Jadi dalam rangka jelang pemilu juga, percepatan perekaman KTP-EL harus sesuai dengan target 100 persen. Maka itu saya meminta untuk yang belum, kepada para kadesnya agar meminta warganya segera mungkin melakukan perekaman, kususnya ke perekam pemula," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template