Dana Desa Mulai Dimonitor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Desa Mulai Dimonitor

Dana Desa Mulai Dimonitor

Written By Angga Praditya on Jumat, 24 November 2017 | 17.30.00

Pengawas Dana Desa Masyarakat, Polisi dan Kejaksaan

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Tim verifikasi dana desa Kecamatan Telukjambe Barat melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersumber dari anggaran dana desa. Kegiatan yang dilakukan secara bergilir ke setiap desa itu dilakukan guna mengawasi penggunaan dana tersebut supaya tepat sasaran.
"Pemeriksaan langsung dilakukan ke titik-titik pelaksanaan pembangunan di tiap desa. Kita berharap melalui pengawasan ini dana desa digunakan tepat sasaran," ucap Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Kecamatan Telukjambe Barat H. Ubaidillah Ghani, Sip, Kamis (23/11). Ubaidillah saat itu didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Masyaraka dan Desa (PMD) Woro Budiningsih SE, selain tim verifikasi.
Dikatakan Ubaidillah, monitoring penggunaan dana desa itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan kecamaatan. Tujuannya untuk mengetahui secara jelas dan faktual pembangunan dan serapan anggaran dana desa yang sudah dipergunakan masing-masing desa itu apa saja, selain memastikan dari sisi administrasinya. "Kami membawa tim varifikasi agar pelaksanaan pemeriksaan bisa detil dan menyeluruh," tandas Ubaidillah.
Ubaidillah juga menegaskan, monitoring yang dilakukan tim dari pemerintah kecamatan merupakan bentuk pengawasan agar penggunaan anggaran dana desa disetiap desa bisa optimal. Sehingga dapat dilaksanakan dengan benar dan baik oleh Pemerintah Desa. Selain itu Tim monitoring yang turun kelapangan untuk melakukan pengawasan terkait pembangunan dana desa (DD) ini dilakukan bersama-sama dengan melibatkan Kasipem serta didampingi staf desa dan Tim Pendamping Kecamatan (TPK).
Sementara Woro Budiningsih menambahkan monitoring sudah dilakukan di beberapa desa. Tim bersama-sama meninjau langsung pembangunan fisiknya. Dirinya pun membenarkan, monitoring yang dilakukan bersama Tim tidak lain untuk mengetahui sejauh mana aparatur desa melaksanakan kegiatan melalui anggaran dana desa. Dengan begitu, aparatur desa bisa lebih hati-hati dalam menggunakan dana desa.
Selain itu, terang Budiningsih, harus juga dikembangkan sikap gotong-royong dan toleransi di tengah masyarakat desa sehingga dalam pelaksanaan pembangunan desa muncul tingkat partisipasi masyarakat. “Kita ingin memastikan semua desa menggunakan dana desa sesuai peraturan bupati (perbup) yang telah ditetapkan. Karena, pada prinsipnya pembangunan desa yang bersumber dari dana desa ini semuanya sudah ada peruntukannya,” ungkapnya.
Dirinya pun menambahkan, monitoring yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat ini juga sebagai bentuk kecintaan terhadap aparatur desa. "Penggunaan dana desa ini sangat riskan sekali karena banyak yang mengawasi, baik dari masyarakat, aparatur kepolisian hingga kejaksaan," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template