Dana Bagi Hasil Cair Rp 50 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Bagi Hasil Cair Rp 50 Miliar

Dana Bagi Hasil Cair Rp 50 Miliar

Written By Angga Praditya on Sabtu, 25 November 2017 | 12.00.00

Jumlahnya Sama dengan Tahun Lalu

BATUJAYA, RAKA - Dana bagi hasil yang ditunggu-tunggu oleh 297 pemerintah desa di Kabupaten Karawang akhirnya cair. Namun, besaran DBH yang sama dengan tahun lalu yaitu Rp 50 miliar, dianggap terlalu mepet ke akhir tahun.
Kondisi inilah yang akhirnya membuat Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) meminta kepada seluruh kepala desa segera mempersiapkan persyaratan pencairan DBH, agar tidak lewat tahun.
Sekretaris Apdesi Kabupaten Karawang Alek Sukardi mengatakan, besaran DBH tertuang dalam Keputusan Bupati Karawang Nomor: 971.1/Kep.1038-Huk/2017. Namun, waktu yang diberikan untuk pengajuan dinilai sangat mepet. Padahal pihkanya mengajukan DBH dicairkan bulan Maret, tapi baru bisa diputuskan akhir November.
"Saya akui mepet banget dengan waktu. Kita hanya diberi waktu seminggu untuk pengajuan dan pencairan. Kalau bulan Maret sudah ditetapkan, mungkin kita gak bakal teralu riweuh seperti sekarang," kata Alek kepada Radar Karawang, Jumat (24/11) siang.
Dia melanjutkan, pencairan dana bagi hasil dibagi dalam dua tahap. Pertama dialokasikan sebesar Rp 40 miliar, sedangkan tahap dua Rp 10 miliar. "Seluruh kepala desa agar segera mempersiapkan persyaratannya agar DBH bisa segera dicairkan," ungkapnya.
Sedangkan alasan Pemerintah Kabupaten Karawang memberikan DBH sama dengan tahun lalu, kata Alek, karena pemkab mengalami defisit anggaran. Padahal Apdesi sudah berupaya agar besaran DBH tahun ini bisa lebih besar dari tahun sebelumnya. "Kitapun sadar keterbatasan kemampuan keuangan pemda. Terpenting hak-hak desa jangan terlalu dikebiri. Tapi kalau mau dipangkas, ayo semua anggaran. Jangan cuma dana bagi hasil untuk kades," ujarnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template