Cikampek Masih Jorok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cikampek Masih Jorok

Cikampek Masih Jorok

Written By Mang Raka on Jumat, 03 November 2017 | 16.51.00

Masih Banyak yang Buang Sampah Sembarangan

CIKAMPEK, RAKA - Kesadaran masyarakat di wilayah Kecamatan Cikampek terhadap kebersihan lingkungan masih buruk. HAl itu dilihat dengan banyaknya sampah yang berserakan disetiap titik jalan yang ada di Cikampek.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang, disepanjang jalan utama Pawarengan - Sumur Bandung terlihat sampah yang sudah menjamur. Bahkan di sepanjang saluran drainase yang ada di perlintasan tersebut juga dipenuhi oleh sampah. Padahal saat ini sudah memasuki musim penghujan, selain bisa menjadi penyebab mewabahnya penyakit, sampah tersebut bisa menyumbat saluran air dan bisa mengakibatkan banjir.
Kondisi tersebut dikritik keras oleh warga Dusun Bakan Pintu, Desa Cikampek Barat yang merupakan mahasiswa pecinta alam, Endi Nurdiansyah, menurutnya, kesadaran masyarakat di wilayah cikampek tergolong rendah. Padahal, saat ini sudah memasuki musim penghujan. "Susah jika hanya segelintir orang saja yang peduli, ini seharusnya semua warga di wilayah Cikampek ikut mencintai lingkungan, minimalnya dengan tidak buang sampah sembarangan," ujar mahasiswa semester 6, STEI Bina Cipta Madani Karawang ini.
Menurutnya, jika sampah yang sudah menjamur dan berserakan disetiap wilayah tetap dibiarkan, maka akan berpotensi bencana banjir terjadi. Terlebih setiap musim penghujan tiba, Cikampek merupakan salah satu kecamatan yang rutin terkena banjir. "Diharapkan seluruh desa di Kecamatan Cikampek bisa melakukan pengadaan bak sampah. Selain itu, kegiatan kerja bakti meski terus digencarkan, kalau bisa ada regulasi sanksi bagi orang yang membuang sampah sembarangan," ucapnya.
Maka dari itu, lanjut dia, peranan pemerintah desa hingga kecamatan sangat penting dalam mengatasi persoalan sampah di wilayah ini. Karena dalam pantauannya, kian hari kian bertambah titik tumpukan sampah di Kecamatan Cikampek. "Lihat saja di Pawarengan yang dekat perumahan Pondok Melati, Desa Dawuan Timur, jalan  utama di wilayah itu banyak sekali sampah berserakan dan itu berada tepat disetiap rongga drainase saluran," bebernya.
Terkait itu, sebelumnya Camat Cikampek Sueb Sulaeman menyampaikan, jika kesadaran warga di wilayahnya masih dinilai rendah. Hal tersebut masih terlihat banyaknya tumpukan sampah di setiap ruas jalan utama yang berada di sejumlah desanya. "Persoalan sampah ini, harus segera diatasi. Karena sekarang mau memasuki musim penghujan, ditakutkan akan berdampak hal yang tidak diinginkan, maka itu seluruh desa untuk segera melakukan program kerja bakti bersihkan lingkungan," ujarnya.
Kondisi sampah yang banyak berserakan di jalur-jalur utama itu selain bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan warga, juga merusak pemandangan. Terlebih jika dibandingkan dengan Kabupaten tetangga yaitu Purwakarta, dimana setiap jalur utamanya terlihat bersih dan indah. "Cikampek ini wilayah yang strategis, sebagai akses keluar masuknya daerah lain ke Karawang, tapi kondisi kebersihannya masih rendah, saya berharap kondisi lingkungan diwilayah cikampek ini bisa sama seperti di Purwakarta," pungkasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template