BUMDes Walahar Terbaik di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes Walahar Terbaik di Karawang

BUMDes Walahar Terbaik di Karawang

Written By Angga Praditya on Sabtu, 11 November 2017 | 14.30.00

- Kelola Limbah, Laba Capai Rp 95 Juta

KLARI, RAKA - Desa Walahar ternyata menjadi desa terbaik dalam pengelolaan dana desa yang diperuntukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pasalnya selama satu tahun, laba BUMDesa Walahar hampir Rp100 juta.
"Desa Walahar menjadi desa terbaik (tahun 2017) dalam pengelolaan BUMDes, ini patut jadi contoh untuk desa lain," ujar Asep Sudrajat, Kasi Pemberdayaan Lembaga Perekonomian Desa (PLPD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Karawang.
Dia menyampaikan laba yang dihasilkan dari BUMDes hampir mencapai Rp100 juta, tepatnya dikisaran angka Rp95 juta dalam kurun waktu satu tahun. Bahkan diluar laba, BUMDEs juga membantu pendapatan asli desa (PADes) sekitar Rp 50 juta, dan benefit untuk masyarakatnya adalah operasional mobil desa ditanggung BUMDes, serta rastra tidak dijual, melainkan ditebus oleh BUMDes. "Kalau semua desa BUMDes nya bisa berkembang seperti ini, maka desa akan maju," ujarnya.
Tenaga Ahli Pendamping Desa Karawang, Taopan juga mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan oleh Desa Walahar, karena pengelolaan BUMDes ternyata bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. "Sangat baus yah, kami juga merasa bangga dengan pencapaian itu," ujarnya.
Sementara satu bulan lalu Camat Klari, Rachmat bersama tim dari kecamatan melakukan pengecekan langsung kelapangan terkait penggunaan dana desa. Didalamnya selain yang digunakan untuk BUMDEs yang nilainya 15%, juga mengecek hasil pembangunan fisik yang bersumber dari anggaran pemerintah pusat tersebut. "Desa Walahar menjadi desa percontohan penyerapan anggaran paling baik dianatara desa-desa lainnya (dari dana desa)," ujar Camat Klari Rachmat.
Kasi Ekbang Kecamatan Klari, Rahmat menjelaskan bahwa dalam kunjungan tersebut bukan hanya sekedar berkunjung saja melainkan suatu bentuk apresisasi kepada kepala desa walahar yang sudah memberikan kontribusi baik bagi masyarakat dengan menggunakan anggaran yang tepat. "Penyerapan anggaran dana desa paling baik loh, harus diapresiasi," ungkapnya.
Sementara Kepala Desa Walahar, Sardi Anwar Surendra menyampaikan, untuk penyerapan dana desa termasuk pengelolaan dana desa yang masuk BUMDEs, setiap tahunnya tentu selalu berbeda. Sehingga  tidak hanya direalisasikan kepada pembangunan infrastruktur saja. Namun bisa membangunan pembangunan lainnya. "Yang penting manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya. (zie/yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template