Baru Mekar Satu Tangkai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baru Mekar Satu Tangkai

Baru Mekar Satu Tangkai

Written By Angga Praditya on Kamis, 30 November 2017 | 19.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Kepala Desa Tegalsari, Kecamatan Cilamaya Wetan, Nana Suryana, menuturkan jumlah bunga bangkai yang tumbuh keseluruhannya ada lima tangkai dan keseluruhan tumbuh disekitaran makam Buyut Wajim. Jarak tangkat satu ke lainnya hanya berada dalam radius satu meter.
Dari lima tangkai yang ada baru satu tangkai yang bunganya sudah mekar. Bunga yang memiliki nama latin Raflesia ini menebarkan aroma busuk seperti bangkai. "Kalau diendus sering tidak berbau dan baunya akan terasa jika terbawa angin semilir. Ya seperti bau bangkai hewan," ucap Nana.
Seperti diketahui,  Bunga bangkai adalah sekelompok tumbuhan dari genus amorphopallus yang merupakan anggota dari famili dari Araceae (talas-talasan). Bunga ini memegang rekor sebagai bunga dengan struktur perbungaan tertinggi di dunia. Karena keawaman masyarakat,  sering kali menganggap bunga bangkai sebagai satu spesies saja, padahal bunga raksasa dan tertinggi ini terdiri atas sekitar 170 spesies di seluruh dunia. Bahkan,  menyamakan bunga bangkai dengan bunga rafflesia. Padahal antara amophopalus dan raflesia  adalah dua bunga yang berbeda meskipun sama-sama berukuran raksasa dan mengeluarkan bau busuk.
Bagi manusia dengan indera penciuman normal bau bunga bangkai adalah sesuatu yang tak menyedapkan. Namun, bagi serangga, wangi bunga ini sangatlah memikat. Bunga bangkai sendiri terdiri dari beberapa bunga yang berkumpul di pangkal tangkai (spadix), dan tersembunyi di balik selubung merah marun di dasarnya (spathe). Bunga dengan nama latin Amorphophallus titanum ini memang berbau tak sedap seperti daging busuk. Namun dengan begitu, bunga bangkai akan mendapat keuntungan dari serangga yang tertarik akan baunya tersebut: mereka akan membantu penyerbukan sang bunga.
Serangga akan masuk ke dalam bunga karena tertarik dengan bau busuk dan juga panas yang dihasilkan bunga membuatnya semakin mirip dengan daging busuk untuk serangga. Setelah berada di dalam bunga, sang serangga akan terselimuti dengan serbuk, yang akan mereka sebarkan di tempat lain setelah mereka terbang ke luar.
Trudy adalah salah satu bunga bangkai yang berhasil ditanam di Benua Amerika. Tepatnya di Taman Botani di University of California, Barkeley. Sejak ditanam pada tahun 2009 lalu, kuncup Amorphophallus titanum ini akhirnya mekar pada Juli 2015. Sebagai tanaman langkah yang proses pertumbuhannya terbilang lama serta hanya mampu bertahan kurang lebih tiga hari sebelum akhirnya layu, tentu mekarnya Trudy berhasil menjadi daya tarik tersendiri lebih dari 2000 pengunjung disana.
Sebagai jenis tanaman yang tergolong unik dan langka, saat ini berbagai kalangan pelestari flora dan fauna berupaya agar keberadaan bunga bangkai tidak punah. Salah satu lembaga yang mulai berfokus pada perkembangan bunga bangkai adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sejak mekarnya bunga bangkai kedua di Kebun Raya Cibodas pada tahun 2016 kemarin, para peneliti segera mengawinkan bunga tersebut langsung tepat setelah bunganya mekar. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template