Pemkab Purwakarta Mau Bangun Museum Keramik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Purwakarta Mau Bangun Museum Keramik

Pemkab Purwakarta Mau Bangun Museum Keramik

Written By Angga Praditya on Selasa, 21 November 2017 | 13.30.00

Keramik dari Berbagai Wilayah Dikumpulkan

PURWAKARTA,RAKA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta segera bangun museum keramik. Sudah menjadi rahasia umum jika gerabah keramik merupakan salah satu ikon kabupaten yang di pimpin Dedi Mulyadi itu. Nantinya, keramik yang akan dipajangkan di museum itu, akan diambil dari berbagai belahan daerah lain di Indonesia. Bahkan, luar negeri. Museum ini, terletak di komplek perkantoran Bupati Purwakarta, Jalan Gandanegara.
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, saat ini museum keramik sedang dibangun. Lokasinya satu atap dengan gedung teater tertutup. Alasan dibangunnya museum keramik, karena salah satu dari 17 kecamatan yang ada di Purwakarta, merupakan wilayah sentra pembuatan keramik. "Kami punya Plered, yang merupakan sentra pembuatan keramik sejak puluhan tahun silam," ujar Dedi, kepada awak media, belum lama ini.
Keramik asal Plered tersebut, sudah merambah berbagai negara di sejumlah benua. Seperti, Arab Saudi, Amerika, Afrika, Belanda serta negara lainnya di Eropa. Ketenaran keramik Plered ini, menjadi inspirasi pihaknya untuk membangun museum kerajinan kriya ini. Dengan adanya museum ini, diharapkan produktivitas perajin keramik menjadi terpacu lagi. Serta, kerajinan kriya tersebut akan disukai dan dicintai para generasi muda. Sehingga, ada regenerasi para pembuat kerajinan itu. "Kita ingin, generasi muda di Purwakarta banyak yang berminat jadi perajin keramik," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template