Asep Sumpena Ancam Gugat PAW Kades Sukatani - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Asep Sumpena Ancam Gugat PAW Kades Sukatani

Asep Sumpena Ancam Gugat PAW Kades Sukatani

Written By Mang Raka on Jumat, 03 November 2017 | 16.45.00

PURWAKARTA,RAKA - Pemilihan kepala Desa Sukatani Kecamatan Sukatani dengan cara Pergantian Antar Waktu (PAW) yang rencananya akan digelar pada 18 November 2017 mendatang dianggap rawan gugatan. Pasalnya, hingga kini, surat putusan pemberhentian Kepala Desa Sukatani, Asep Sumpena, masih dalam proses persidangan di PTUN Bandung.
Asep Sumpena mengaku dirinya sudah menjalani persidangan di PTUN Bandung hingga delapan kali. "Keputusan pemberhentian saya kan masih dalam proses sidang di PTUN Bandung, jadi PAW tersebut belum bisa disebut memiliki kekuatan hukum yang tetap. Saya minta pemkab dalam hal ini DPMD jangan gegabah. Biarkan dulu proses sidang berjalan, pimpinan pemerintahan desa kan ada Pjs," ujar Asep Sumpena, Rabu (1/11) malam.
Asep mengungkapkan, dasar dari keluarnya surat pemberhentian dirinya sebagai kades adalah mosi tidak percaya yang ditandatangani oleh tokoh masyarakat, RT dan RW. Hanya saja, dalam mosi tersebut, Ia mensinyalir ada pemalsuan tanda tangan para RT dan RW tersebut. Dugaan pemalsuan tersebut juga telah dilaporkan ke Polres Purwakarta. "Atas dasar itu, pada bulan Juni 2017 lalu, saya melayangkan gugatan surat pemberhentian tersebut ke PTUN Bandung. Dengan nomor perkara 97, hingga kini persidangan masih berjalan, belum ada putusan atau inkrah," beber Asep.
Selain itu, ia juga menyesalkan tindakan DPMD Purwakarta yang secara sepihak memutuskan keabsahan mosi tidak percaya warga tanpa mengkonfirmasi kepada para pihak yang menandatangan mosi tersebut. "Tanda tangan pada mosi tidak percaya tersebut banyak dipalsukan, silahkan cek kembali," pungkasnya.
Tahapan Pilkades PAW Sukatani sendiri kini sudah ditetapkan tiga calon pengganti Asep Sumpena. Tiga calon tersebut yakni Deden Sopandi, Pariz Ridwan, dan Asep Endang Juana. Ketiganya, lolos dan layak memenuhi syarat untuk maju dalam pemilihan kepala desa pergantian antar waktu Desa Sukatani. Sementara untuk pemilihan kades sendiri bakal digelar pada 18 November 2017 mendatang dan dipilih oleh 250 pemilih dari berbagai unsur.(gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template