Apdesi Tetap Tuntut Dana Bagi Hasil Rp 60 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Apdesi Tetap Tuntut Dana Bagi Hasil Rp 60 Miliar

Apdesi Tetap Tuntut Dana Bagi Hasil Rp 60 Miliar

Written By Angga Praditya on Selasa, 21 November 2017 | 18.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Dana bagi hasil yang digadang-gadang berkurang dari tahun sebelumnya, membuat Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang memberikan penawaran kepada Pemerintah Kabupaten Karawang.
Jika tidak bisa sesuai dengan aturan yaitu 10 persen dari hasil pajak dan retribusi daerah, minimal sama dengan tahun 2016 yaitu Rp 50,2 miliar. Humas Apdesi Kabupaten Karawang H Udin Abdul Gani mengungkapkan, selain membahas kerjasama penanganan kasus dana desa bersama Kapolres Karawang baru-baru ini, Apdesi juga menyepakati dana bagi hasil nominalnya harus sama seperti tahun kemarin, yaitu Rp 50,2 miliar. Besaran ini menurutnya masih dalam batas wajar, karena Apdesi bisa memberi toleransi walaupun Pemkab Karawang tidak menjalankan amanah Undang Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 soal besaran yang dimaksud 10 persen dari pajak dan retribusi daerah.  Tapi, sebut Kades Rawagempol Wetan ini, untuk tahun 2018 besaran 10 persen adalah harga mati. "Ini baru sepakat antara Apdesi dan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa), karena kita kesulitan menemui bupati untuk memutuskannya," katanya.
Wakil Ketua Apdesi Karawang R Ombi mengatakan, persoalan dana bagi hasil akan terus berlarut jika pemkab dan Apdesi masih belum menyepakatinya. Kemarin, pihaknya baru mengirim surat ke bupati. Disinggung apakah surat protes atau audiensi, Ombi mengaku surat yang dilayangkan adalah surat permohonan persetujuan anggaran dana bagi hasil tahun ini totalnya harus Rp 60 miliar, dicairkan tahap pertama Rp 40,07 miliar dan tahap kedua Rp 20 miliar. Dengan kata lain, yang terpenting bagi Apdesi besaran dana bagi hasil harus lebih besar dibanding tahun sebelumnya, bukan malah berkurang menjadi Rp 40,7 miliar. "Dana bagi hasil yang diminta tahun 2017 ini non luncuran tahun 2016, totalnya harus kisaran Rp 60 miliar," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template