Akta Kelahiran Sehari Jadi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Akta Kelahiran Sehari Jadi

Akta Kelahiran Sehari Jadi

Written By Angga Praditya on Kamis, 23 November 2017 | 19.30.00

*Sosialisasikan Lagi ke Masyarakat

KARAWANG, RAKA - Kesiapan menyambut pemilihan umum agaknya tidak hanya dilakukan penyelenggara pemilihan umum tetapi juga semua lembaga terlibat tanpa terkecuali Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil). Kemarin (22/11) kepala dinasnya kembali mengingatkan masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektkronik agar segera melaporkan ke kecamatan masing-masing.
"Masyarakat tidak perlu lagi ke Disdukcatpil cukup di kecamatan masing-masing untuk mengurus dokumen kependudukannya termasuk perekaman KTP elektronik," ucap Yudi Yudiawan menyampaikan hal itu di kantornya kepada Radar Karawang, Rabu (22/11). Yudi mengatakan sudah sejak 2016 kecamatan melayani pembuatan dokumen kependudukan. Karena itu bisa dimanfaatkan.
Disebutkan Yudi, dokumen kependudukan yang bisa diurus di kecamatan semua dokumen yang terkait identitas kependudukan. Bukan hanya kartu keluarga (KK) dan KTP tetapijuga akte kelahiran dan akte kematian. Kendati untuk itu Disdukcatpil juga diakui Yudi masih melayani semua keperluan tersebut. "Kita sehari bisa melayani masyarakat sampai 100 orang. Kita juga punya program layanan yang sudah ada di tingkat Kecamatan agar masyarakat tidak perlu lagi pergi ke Capil dan itu sudah berjalan di tahun 2016," tuntasnya, seperti halnya, kata Yudi, pelayanan Paten.
Dikatakan Yudi pihaknya tidak menampik dengan selalu membeludak masyarakat yang membuat dokumen kependudukan di Disdukcatpil, sekalipun kecamatan juga melayani pembuatan dokumen kependudukan "Orang kecamatan membawa berkas hasil verifikasi kesini langsung dicetak. Jadi masyarakat tidak lagi harus ke catpil," terang Yudi.
Namun yang perlu diingat, tambah Yudi, dari kecamatan melakukan pelaporan ke catpil satu atau dua minggu sekali, hal itu dikarenakan ada aturan yang tertuang dalam UU Adminitrasi ke Pendudukan no 24 tahun 2013 bahwa pembuatan dokumen kependudukan itu ada tenggang waktu 14 hari kerja. Tidak terhitung Sabtu dan Minggu itu sudah ada aturannya. "Tidak semua masyarakat membuat dokumen kependudukan sudah terpenuhi persyaratannya. Pasti ada saja yang kurang, makanya kecamatan memberikan tenggang waktu dua minggu atau secepatnya satu minggu baru melakukan verifikasi," katanya.
Masih dikatakan Yudi, berkaitan dengan masyarakat yang bekerja di pabrik pihaknyapun membuka pelayanan pada hari Sabtu mulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 14.00 Wib khusus buat perekaman KTP. "Kita juga membuka one day servis, sekarang sehari jadi sebanyak 200 KK perekaman KTP 200 akta sehari jadi. Sudah berjalan tiap hari di kita," tuntasnya. (apk)



Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template