Ada Pejabat Ikut Nebeng SMPN 1 Karawang Barat ke Jepang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Pejabat Ikut Nebeng SMPN 1 Karawang Barat ke Jepang

Ada Pejabat Ikut Nebeng SMPN 1 Karawang Barat ke Jepang

Written By Angga Praditya on Selasa, 28 November 2017 | 12.45.00

KLARI, RAKA - Kunjungan sejumlah pejabat dan siswa yang tergabung dalam anggota esktrakurikuler angklung SMPN 1 Karawang Barat ke Jepang, yang menghabiskan anggaran APBD Karawang Rp 600 juta dan iuran orang tua siswa belasan juta rupiah, mulai terkuak.
Kepala SMPN 1 Karawang Rukmana M.Pd mengatakan, kegiatan tersebut merupakan undangan dari Pemerintah Osaka Jepang, dan program dari pihak sekolah tanpa melibatkan sejumlah pejabat yang ada di Kabupaten Karawang. Kunjungan itupun akhirnya membuahkan hasil. Selain pihak sekolah akan mengadopsi pembelajaran yang ada di Jepang yaitu materi maupun kurikulum tentang penumbuhan budi pekerti. Tidak menutup kemungkinan juga dengan kerjasama yang sudah terjalin sejak beberapa bulan yang lalu, rombongan Osaka akan kembali ke Karawang untuk melanjutkan hubungan tentang pendidikan dan budaya. "Alhamdulillah berkat kerjasama dan hubungan yang baik, rencananya Wali Kota Sakai dan Osaka akan kembali ke Karawang tahun 2018 nanti. Tapi untuk kami ke Jepang lagi mungkin akan kita pertimbangkan, takut rame lagi dan malah menimbulkan masalah," ucapnya kepada Radar Karawang, Senin (27/11) kemarin.
Dia juga menjelaskan, selama pergi ke negeri matahari terbit tersebut, selain mengenalkan kesenian angklung, pihaknya juga membawa makanan khas Karawang. "Kita disana hanya mengenalkan budaya asli daerah Jawa Barat saja. Dan kebetulan angklung SMPN 1 Karawang selalu menjadi andalan, karena pernah meraih prestasi di kejuaraan nasional," tuturnya.
Sementara untuk masalah penggunaan anggaran yang melibatkan siswa dan orang tua, Ketua Komite SMPN 1 Karawang Barat Mulyono menjelaskan, kedatangan pemerintah daerah Jepang ke Karawang sejak bulan April tahun 2017, hanya mengundang angklung dari sekolah agar bisa tampil dan mengenalkan angklung di Jepang. Sedangkan untuk rombongan para pejabat yang ikut ke Jepang, bagi dia itu diluar dari program sekolah. "Sebelumnya kami menolak untuk bisa hadir ke Jepang karena diketahui butuh biaya yang lumayan cukup besar. Namun karena kesanggupan orang tua siswa untuk membayar sendiri tiketnya, kami silahkan itu juga atas keinginan mereka sendiri," ujarnya.
Dia juga menjelaskan, anggaran pergi ke Jepang, pihak sekolah hanya mengajukan anggaran ke pemerintahan daerah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang masing-masing dinas menganggarkan Rp 300 juta. Itupun kata dia tidak berupa materi atau uang, namun akomodasi seperti biaya tempat tinggal penginapan makan dan yang lainnya.
Sedangkan untuk tiket, dirinya membebaskan kepada setiap orang tua siswa yang ingin pergi ke Jepang. Sebab, anggaran yang turun dari kedua dinas tersebut hanya untuk penginapan dan makan saja. "Kalau tiket pesawat itu dibebankan sama orang tua siswa," tuturnya.
Ia melanjutkan, jumlah keseluruhan yang ikut ke Jepang ada 70 orang. Rinciannya, 48 siswa diantaranya 30 siswa anggota angklung, orang tua siswa 6 orang serta pelatih dan ofisial 12 orang. Plus salah satu anggota dewan di Karawang. Itupun kata dia tidak diketahui darimana mereka menggunakan biaya untuk pergi ke Jepang. "Saya tegaskan lagi untuk kunjungan ke Jepang kemarin itu bukan program pemerintah daerah, tapi program sekolah atas undangan Jepang," tegasnya.
Persoalan kemarin, kata Mulyono, ada sejumlah pejabat yang ikut pergi ke Jepang. Sehingga menimbulkan banyak polemeik dan permasalahan. "Padahal sebelumnya pihak Jepang hanya mengundang angklung sekolah saja. Ini tidak ada kaitannya sama program pemerintah, dan yang perlu diketahui sejumlah pejabat menggunakan biaya dari mana untuk pergi ke Jepang," jelasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template