350 Hektare Sawah Kalijati Kekeringan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 350 Hektare Sawah Kalijati Kekeringan

350 Hektare Sawah Kalijati Kekeringan

Written By Angga Praditya on Rabu, 15 November 2017 | 16.30.00

JATISARI, RAKA - Petani Desa Kalijati Kecamatan Jatisari mengeluhkan minimnya pasokan air dimusim tanam rendeng tahun ini.  Hal itu diakibatkan adanya kerusakan pintu atau bak pembagi air di Desa Telarsari yang mengatur debit air untuk mengaliri areal pesawahan di Desa Kalijati.
"Seharusnya sekarang sudah mulai mengolah tanah, tapi karena masih kering, jadi tanahnya belum bisa diolah," ujar petani Desa Kalijati Nurdin, kepada Radar Karawang.
Lelaki yang tinggal di Kampung Jebug Rt 02/06, Desa Kalijati itu menambahkan, seharusnya ada perhatian dari pihak terkait agar petani tidak dirugikan. Karena kondisi tersebut menghambat aktivitas petani dalam bercocok tanam. "Jadi mundurkan, padahal yang lain sudah mulai dilakukan pembajakan," katanya.
Sementara Kepala Desa Kalijati, Deni Supriatna menyampaikan, minimnya pasokan air membuat dirinya mendapat banyak komplen dari para petani. Karena lahan sawah kering yang masuk Dusun III itu ada sekitar 350 hektare, sementara petani ingin segera mulai mengolah lahan. "Ini akibat adanya kerusakan pada bak pembagi air yang ada di Telar, harusnya segera diperbaiki," pintanya.
Karena jika dibiarkan rusak, dipastikan petani Kalijati tidak akan bisa menanami sawahnya dengan padi. Dengan demikian akan ada pengurangan hasil padi di Desa Kalijati. Selain itu, yang membuat dirinya lebih khawatir adalah hilangnya pendapatan petani akibat persoalan tersebut. "Dari sawah petani bisa mendapatkan penghasilan. Kalau sawahnya tidak ditanami padi, mereka akan kehilangan pendapatan," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template