2018 Pemda Kekurangan ASN - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 2018 Pemda Kekurangan ASN

2018 Pemda Kekurangan ASN

Written By Angga Praditya on Kamis, 30 November 2017 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Tahun 2017 jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masuk usia pensiun di Kabupaten Karawang diestimasikan mencapai 422 orang dan dipastikan akan terus meningkat dari tahun ketahunnya.
Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang Jajang Mulyana, mengungkapkan itu kepada Radar Karawang, Rabu (29/11) di ruang kerjanya. Dijelaskan Jajang, hal itu terjadi karena penerapan UU ASN No.5 tahun 2014 juga memastikan jumlah ASN yang akan masuk usia pensiun di tahun 2017 ini yang harusnya sudah pensiun di tahun 2015 dan 2016 tahun lalu, tetapi karena penerapan undang-undang tersebut maka masuk usia pensiun tahun ini.
"Tidak berlakunya Undang-undang ASN No 5 tahun 2014 di tahun 2016 yang lalu memastikan jumlah pensiunan di Kabupaten Karawang akan meningkat," tandasnya.
Kata Jajang, rata-rata ASN pensiun pada lima tahun terakhir saja mencapai 395 sampai jumlah ASN yang pensiun ditahun 2017 ini, sudah termasuk tinggi diatas rata-rata. Bahkan diperkirakan puncaknya itu terjadi ditahun 2022 dan tahun 2025 mendatang yang bisa mencapai sekitar 800 orang lebih pertahunnya. "Paling tinggi nanti, di tahun 2022 sebanyak 825 orang estimasi kami akan memasuki usia pensiun," paparnya.
Sementara itu Jajang juga mengungkapkan jika jumlah ASN Kabupaten Karawang yang meninggal saat ini terhitung sampai pertengahan November 2017 sebanyak 93 orang ASN. Data ini mengalami penurunan drastis dari tahun 2016 yang berjumlah sekitar 102 orang ASN, 116 orang ASN ditahun 2015, sementara ditahun 2014 lebih menurun dari dua tahun didepannya yaitu hanya 95 orang ASN.
"Data yang kami peroleh baru segitu, tapi kemungkinan bisa bertambah karena usia tidak bisa kita prediksi," ucapnya.
Ketika ditanyai mengenai faktor penyebab banyaknya ASN yang meninggal dunia, Jajang mengungkapkan sampai hari ini pihaknya belum memiliki penelitian jelas alasannya itu kenapa meninggal. Apakah karena pola hidup atau gaya hidup.
"Belum ada penelitian ya kenapa, tapi rata-rata sakit," ungkapnya.
Masih di katakan Jajang saat ini Kabupaten Karawang sedang mengalami krisis kekurangan pegawai ASN. Kareana idealnya untuk Kabupaten Karawang sendiri adalah sebanyak 21 ribu pegawai.
"Namun saat ini kita hanya memiliki 11.800 orang pegawai, terhitung sampai 2017 ini, jelas kurang ya," katanya.
Jajang melanjutkan, jika pengajuan formasi ASN yang dibutuhkan Kabupaten Karawang tentunya akan membutuhkan waktu yang lama, Oleh karenanya untuk memaksimalkan kinerja para ASN tersebut, BKPSDM akan berupaya melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja. "Dimana nanti hasilnya akan dapat terlihat uraian tugas dari masing-masing pekerjaan dan jam kerjanya sehingga setiap ASN dapat bekerja lebih optimal lagi," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template