14 Rumah Berantakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 14 Rumah Berantakan

14 Rumah Berantakan

Written By Angga Praditya on Sabtu, 18 November 2017 | 12.30.00

-Puting Beliung di Pasirtanjung

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Cuaca hujan disertai angin kencang membawa petaka bagi masyarakat Dusun Krajan 1 RT 01/01, Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, Jumat (17/11) kemarin.  Pasalnya, angin yang datang beda dari biasanya. Tak ayal, angin yang akrab disebut puting beliung tersebut meluluh lantahkan belasan rumah dan sarana prasarana pendidikan, kantor desa, hingga pepohonan besar tercerabut dari akarnya, hanya dalam hitungan delapan menit. 
Kades Pasirtanjung Saepudin mengatakan, hujan belum begitu deras saat cuaca mendung sekitar pukul 15.30. Tidak berapa lama kemudian, dia menyaksikan langsung cuaca mendadak semakin pekat dan angin semakin bertiup kencang lalu berubah menjadi puting beliung. "Bekas bangunan warga hingga pepohonan dihantam puting beliung, masyarakat pun berhamburan keluar rumah," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, peristiwa mengerikan itu hanya berlangsung delapan menit. Namun, pepohonan besar tercerabut dari akarnya, atap-atap rumah beterbangan,  bahkan rumah warga yang berdindingkan bilik bambu juga menjadi sasaran terparah, termasuk kabel-kabel listrik yang berjejer di sepanjang jalan putus. "Semuanya bertakbir karena ketakutan," katanya.
Menurutnya, sebelum beralih ke arah timur pesawahan, puting beliung yang memporakporandakan Dusun Krajan 1 RT 01/01, juga menghantam atap kantor desa dan SDN Pasirtanjung 1. Beruntung tidak ada korban tertimpa reruntuhan, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. "Saya dan perangkat menyaksikan sendiri, anginnya menggumpal bolak-balik sekitar 8 menitan," ungkapnya.
Kades yang akrab disapa Betong ini menambahkan, atas kejadian itu, dia meminta masyarakat tetap waspada pada cuaca saat ini. Untuk penanganan lebih lanjut,  pihaknya sudah melapor ke kecamatan dan polsek, agar ada bantuan untuk rumah-rumah warga yang terdampak puting beliung tersebut. "Kita sudah lapor, semoga masyarakat sabar dan tetap jaga kewaspadaan," pungkasnya.
Kasie Trantib Kecamatan Lemahabang Asep Vivar mengatakan, sekira pukul 16 00 hujan turun dibarengi angin kencang. Menurutnya, angin yang berhembus pun tak biasa karena mampu membuat genting pada lepas. Sebanyak 14 rumah dan kantor Desa Pasirtanjung rusak. "Usai kejadian, masyarakat dan perangkat desa membetulkan rumah-rumah yang atapnya beterbangan," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template