100 Ribu Keramik Diekspor ke Mancanegara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 100 Ribu Keramik Diekspor ke Mancanegara

100 Ribu Keramik Diekspor ke Mancanegara

Written By Mang Raka on Selasa, 07 November 2017 | 13.15.00

PLERED,RAKA - Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Keramik Plered, merlilis jumlah gerabah keramik yang telah di ekspor hingga akhir tahun 2017 mencapai 90 kontainer atau lebih dari 100 ribu jenis keramik ke berbagai negara. Jumlah tersebut dipastikan terus bertambah seiring tingkat permintaan pasar mancanegara hingga akhir tahun terus meningkat.
"Awal bulan ini kita mencatat sudah 90 kontrainer diekspor ke sejumlah negara, ditargetkan pada akhir tahun nanti bisa mencapai 120 kontainer," kata Bambang Megawahyu, Kepala UPTD Litbang Keramik Plered, Senin (6/11).
Meski hingga kini jumlah pengiriman belum mencapai diangka 100 kontanier, namun Bambang mengaku optimis jika di penghujung tahun 2017 nanti bakal mencapai lebih dari angka yang ditargetkan. Hal ini, kata ia, seiring belum terpenuhinya permintaan baik Asia, Eropa, Amerika hingga Afrika. "Tahun 2014 kita hanya 75 kontrainer,  2015 sekitar 80 Kontrainer, tahun 2016 kita 112 Kontraner. Ditargetkan tahun ini bisa lebih dari tahun sebelumnya,'' jelas Bambang.
Dari ratusan ribu gerabah keramik yang telah di ekspor, rata-rata lebih didominasi keramik berupa hiasan rumah seperti pas bunga dan tempat guna pakai. "Permintaan banyak ini tidak lepas dari program pemerintah daerah dalam mempromosikan berbagai kerajinan yang ada di Purwakarta, salah satunya dengan mengundang beberapa delegasi negara-negera dan acara spirit budaya," ujarnya.
Bambang mengaku, pihaknya terus berupaya melakukan pengembangan desain dan motif gerabah keramik, seperti menggelar pelatihan yang sifatnya meningkatkan kemampuan para perajin berkualitas. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas barang yang dihasilkan. "Kita sudah tembus pasar mancangera jadi kulaitas dan kuantitas barang harus terjaga. Jadi pelatihan pembuatan dasar keramik dan pelatihan motif keramik kita lakukan untuk penuhi permintaan pasar. Tujuanya supaya barang yang kita jual tidak kalah saing dengan barang dari negera lain," katanya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template