Verifikasi KPU, Parpol Masih Bisa Lengkapi Kekurangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Verifikasi KPU, Parpol Masih Bisa Lengkapi Kekurangan

Verifikasi KPU, Parpol Masih Bisa Lengkapi Kekurangan

Written By ayah satria on Rabu, 18 Oktober 2017 | 12.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Sejak dibukanya pendaftaran hingga ditutup pada Senin (16/10) lalu, 17 parpol yang telah menyerahkan dokumen kelengkapan pendaftaran sebagai peserta pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta melakukan verifikasi parpol. Pasalnya, tercatat 17 parpol yang telah menyerahkan berkas Sipol, 12 diantaranya partai lama dan 5 partai baru, diantaranya Partai Berkarya, Partai Idaman, Partai Perindo, Partai Garuda dan PSI.
Ketua KPU Purwakarta Deni Ahmad Haidar mengatakan, bahwa kemarin KPU Pusat mulai melakukan verifikasi administratif atas jumlah Sipol dengan lampiran KTA serta KTP yang diterima oleh KPU Purwakarta. "Meski verifikasi administratif dilakukan oleh KPU Pusat, namun dokumen kelengkapan parpol yang diterima, tetap ada di KPU Purwakarta karena untuk dicocokan dengan data yang ada di pusat," ujar Deni, Selasa (17/10) di Kantor KPU Purwakarta di Jalan Flamboyan.
Verifikasi dilakukan selama 4 hari kedepan, dan apabila dari hasil verifikkasi itu kelengkapanya masih belum sesuai, maka partai politik harus melengkapinya dengan batas waktu satu bulan kedepan. "Untuk menyamakan persepsi, tentang aturan hak dan kewajiban antara KPU dengan parpol, maka seluruh papol yang mendaftar, besok akan diundang kembali dengan tujuan untuk memperjelas aturan-aturan mengenai hal itu," paparnya.
Sementara itu, dua partai besar di Kabupaten Purwakarta yaitu Golkar dan PKB siap bersaing untuk memenangkan pemilu legislatif (pileg) di 2019 mendatang. Bahkan, keduanya telah membuka pendaftaran bagi calon anggota legislatif (caleg) bagi kader maupun non kader partai, pasca verifikasi faktual di KPU setempat kemarin.
Bagi Partai Golkar, tampaknya tidak ingin kehilangan momentum dalam pesta demokrasi itu. Dengan jumlah delapan kursi di DPRD Purwakarta, dirasa masih kurang, karena masih di bawah 20 persen. Jumlah perolehan di bawah 20 persen dari total kursi DPRD seperti ini membuat partai berlambang pohon beringin ini tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon bupati dan wakil bupati seperti pada Pilkada 2018. Tetap harus berkoalisi dengan parpol lain agar memenuhi kuota.
Ketua DPD Partai Golkar Purwakarta Sarif Hidayat, mengungkapkan, berbagai persiapan sudah dilakukannya, salah satunya dengan membuka pendaftaran bagi calon anggota legislatif. Sejauh ini sudah 90 orang yang mendaftar. Selain itu, konsep pemenangan pileg pun sedang dirumuskan dalam bulan ini, semua konsepnya bisa selesai. "Kami sudah siap menghadapi beberapa agenda pesta demokrasi, baik Pilgub Jabar, Pilkada Purwakarta, pileg dan pilpres. Makanya semua kami persiapkan agar pada beberapa pesta demokrasi itu mendapat kemenangan," ujarnya kemarin.
Sarif tidak menyebutkan target pasti untuk perolehan kursi di DPRD pada Pileg 2019 mendatang. Baginya, tidak mau berandai-andai soal perolehan kursi, namun harus berpikir realistis dan mendorong semua komponen Partai Golkar di Purwakarta untuk bekerja keras. "Kalau perolehan kursi sekarang hanya delapan, pada pileg nanti ya bisa lebih," ujar dia.
Di tempat lain, DPC PKB Purwakarta pun seakan tak ingin kalah start. Melalui verifikasi faktual di KPU sebagai sarana konsolidasi internal serta memanaskan mesin politik menjelang beberapa pesta demokrasi. Ketua DPC PKB Purwakarta Neng Supartini menyebutkan, dengan jumlah 5 kursi di DPRD Purwakarta, menjadi modal besar untuk memenangkan Pileg 2019. Selain jumlah anggota PKB yang saat ini tersebar di 17 kecamatan yang ada mencapai 3.700 orang, menjadi kekuatan dalam menghadapi pesta demokrasi. "Pendaftaran untuk caleg sudah kami lakukan dan sampai saat ini belum ditutup. Sudah banyak yang mendaftar ke PKB. Ini merupakan kondisi positif untuk PKB dalam menghadapi Pileg 2019. Perolehan dua kali lipat dari jumlah kursi yang sekarang tidak mustahil untuk bisa diwujudkan," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template