Tiga Desa tak Bisa Cairkan Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiga Desa tak Bisa Cairkan Dana Desa

Tiga Desa tak Bisa Cairkan Dana Desa

Written By Mang Raka on Senin, 30 Oktober 2017 | 14.38.00

KLARI, RAKA - Dari 13 desa yang ada di wilayah Kecamatan Klari, tinggal tiga Desa lagi yang belum memberikan pengajuan Dana Desa tahap dua tahun 2017. Pasalnya ketiga desa tersebut belum menyelesaikan Surat Pertanggungajawaban (SPJ) menjadi salah satu kendala dalam pengajuan dana tersebut.
Kasi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Klari, Rachmat Dading Koswara menyampaikan, tiga desa yang belum membuat pengajuan tahapan dana desa tersebut di antaranya Desa Walahar, Pancawati dan Sumurkondang. Entah kenapa yang jelas bagi dia, ketiga desa tersebut selalu menjadi kendala dalam setiap pengajuan apapun. Maka dari itu dirinya meminta kepada setiap desa untuk segera membuat pengajuan tersebut. "Tidak akan bisa kalau SPJ sebelumnya belum selesai, jadi permasalahannya mereka belum membuat SPJ," tuturnya.
Baik pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) Dana Desa serta Bantuan Gubernur (Bangub), tidak akan pernah bisa mendapatan tahap pencaiaran jika selama surat pertanggungjawaban belum diselesaikan. Dengan seperti itu setiap desa mesti memahami tentang keadministrasian. Sehingga tidak akan ada lagi kendala yang terjadi di setiap desa. "Masalahnya cuman satu, mereka masih banyak yang belum mengerti tentang keadminisrasian, itu aja," ungkapnya.
Sedangkan beberapa desa lainnya yang masih dalam tahap pencaiaran yaitu hanya tinggal beberapa desa yaitu Desa Klari, Belendung, Curug, dan Cimahi. Kempat desa tersebut hanya tinggal menunggu tahap pencairan saja. "Dalam proses pencaiaran yang 4 desa mah," akunya.
Sedangkan 6 desa lainnya tengah dalam pelaksanaan penggunaan dana desa tahap kedua yatu Desa Anggadita, Duren, Cibalongsari, Gintungkerta, Karanganya dan Kiarapayung. "Sesuai dengan pelaksanaannya, dana desa tahap kedua dibagi ke bebarap pelaksanaanya infrastruktur, BUMDes, kesehatan pendidikan dan pengelolaan desa," terangnya.
Sementara Kepala Desa Walahar, Sardi Anwar Surendra mengaku belum melakukan tahap pengajuan dana desa tahun ini. Sebab kata dia, semua masih terkendala dengan pembuatan surat pertanggungjawaban. "Iya belum cair, mengajukan aja belum euy, biasa belum buat SPJ yang tahun kemarin," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template