Tiga Bulan 1.139 Warga Tirtamulya Terserang Ispa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiga Bulan 1.139 Warga Tirtamulya Terserang Ispa

Tiga Bulan 1.139 Warga Tirtamulya Terserang Ispa

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Oktober 2017 | 15.00.00

TIRTAMULYA, RAKA - Keadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu yang palng menentukan untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, jika perilaku hidup bersih dan sehat tidak diterapkan, warga agan mudah terserang penyakit, terutama penyakit menular.
Di Kecamatan Tirtamulya, penyakit yang baling banyak diderita oleh warga adalah  infeksi saluran pernapasan akut (Ispa), penyakit ini sering menyerang warga dikarenakan selain tidak memperhatikan PHBS, virus dan bakteri yang menyerang para penderita ispa bisa dengan mudah menyerang warga lain meski dalam kondisi sehat, terlebih jika kondisi tubuhnya dalam keadaan lemah.
Dokter Fungsional UPTD Puskesmas Tirtamulya Ade Firmansyah mengatakan, jenis penyakit ispa merupakan salah satu penyakit yang mudah menular. Hal itu dikarenakan, seseorang menghirup udara yang mengandung virus atau bakteri, sehingga saluran lernapasannya terganggu. "Penyakit ini dikarenakan pola hidupnya tidak sehat," ujar Ade kepada Radar Karawang, Selasa (3/10) kemarin.
Ia menambahkan, berdasarkan data yang masuk ke UPTD Puskesmas Tirtamulya, terhitung dari bulan Juli sebanyak 450 orang terserang ispa, untuk bulan Agustus sebanyak 303 orang, dan untuk bulan september sebanyak 386 orang. "Data yang masuk kepuskesmas ini, terhitung dari tiga bulan kebelakang sebanyak 1.139 orang," katanya.
Selain ispa, warga Tirtamulya juga banyak yang terserang penyakit lain, seperti influenza, hipertensi, chepalgia, demam tidak spesifik, dispepsia, tukak lambung, myalgia, neuralgia, serta jenis penyakit lainya, namun ispa tetap menjadi penyakit yang paling banyak diderita warga Tirtamulya. "Penyakit ispa merupakan kategori dari penyakit demam dan batuk, penyakit ini akan cepat sembuh, asalkan daya tahan tubuhnya kuat dan segera diobati," katanya.
Lebih lanjut Ade mengatakan, dalam mengatasi penyakit itu, harus cukup asupan nutrisi dan vitamin, makan-makanan yang mengantung gizi tinggi juga harus diperhatikan, kemudian harus menjaga kebirsihan, agar tidak gampang terserang penyakit, sehingga hidup sehat akan selalu didapatkan. "Harus selalu menjaga pola hidup sehat," pungkasnya.(cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template