Tertibkan PKL, Pol PP Sindir DPRD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tertibkan PKL, Pol PP Sindir DPRD

Tertibkan PKL, Pol PP Sindir DPRD

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Oktober 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP) Kabupaten Karawang mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) agar jangan asal bicara tetapi mesti disertai dengan saran yang bisa dijadikan solusi untuk mengentaskan persoalan Pedagang Kaki Lima (PKL).
"Jangan cuma mengucapkan yang sifatnya menekan agar menindak PKL tetapi berikan solusi agar PKL bisa diberdayakan sebagai ujung-ujung tombak pelaku ekonomi kerakyatan," tegas Sekretaris Satpol PP Rahmat Gunadi, kepada Radar Karawang, Senin (23/10).
Gunadi menilai menertibkan PKL bukan dengan cara menggusur tetapi memberikan pembinaan agar mereka mau menyadari kalau yang mereka lakukan itu adalah salah, karena mengganggu keindahan, kenyaman dan kebersihan kota.  "Pemda dan DPRD harus bisa memberikan fasilitas terhadap PKL agar keindahan Kota Karawang dapat terjaga dengan baik," ucap Gunadi tanpa menyebutkan fasilitas yang dimaksud itu merupakan lokasi khusus yang secara strategis bisnis tidak merugikan pedagang.
Dikatakan Gunadi, keterkaitan akan median atau sarana dan prasaran akan fasilitas yang harus diberikan terhadap PKL itu tugasnya pemda termasuk DPRD yang harus mendorong agar penataan kota Karawang bisa lebih baik lagi. "Tempat atau medianya buat PKL, bukan satpol PP yang bertugas namun Pemda secara keseluruhan yang harus menyiapkannya. Termasuk DPRD juga harus berpikir keras, sehingga jangan hanya bicara menunjuk ini dan itu, tapi mereka harus bantu satpol PP melakukan tindakan," ujar Gunadi.
Karena kata Gunadi untuk memindahkan PKL itu gampang, namun saat pihaknya menggusur tanpa ada solusi nantinya akan ramai lagi dengan anggapan usaha wong cilik diganggu. Sekarang pikirkan oleh DPRD kalau sudah di bantu oleh DPRD lokasi-lokasi tertentu untuk semua PKL baru, Satpol PP lakukan penertiban. Karena Satpol PP hanya bertindak penertiban dan sarana dan prasana buat PKL itu Pemda yang harus menyiapkannya.
"Pemda punya tata ruang dan memiliki tanah. Kerja penertiban tidak hanya bisa diandalkan Satpol PP saja, seperti reklame pelanggaran pajak, pelanggaran perda dan lain sebagainya. terkait perda iya kita lakukan tapi kalau bicara relokasi tempatnya DPRD juga harus bantu menyiapkan sehingga lokasi yang bagusnya buat PKL bisa diadakan," ujarnya.
Masih ditandaskan Gunadi, tidak mudah merelokasi atau menggusur PKL karena membutuhkan tindakan lanjutan. Jika itu tidak dilakukan maka akan percuma penertiban yang dilakukan. Gunadi mencontohkan seperti penertiban di jalur Tol Karawang Timur Interchange, sekarang sudah kembali jadi lapak pasir. Padahal sesuai kesepakatan, usai penertiban akan dilanjutkan realisasi pembangunan taman dan jalan yang dilakukan dinas PUPR dan PRKP. "Pekerjaan akan mudah jika dilakukan hal itu kalau semuanya sinergis," pesan Gunadi.
Gunadi juga mengatakan penataan trotoar itu harus dibagusin. Kalau trotoarnya bagus seperti di Kota Bandung PKL akan untuk menggelar lapak tapi kalau semeraut justru akan mengundang PKL. Maka itu Pemda dan DPRD harus sinergis dan terpadu seperti penataan Panatayuda bisa dibereskan tapi setelah itu kembali kumuh. "Coba tempatnya dibuat bagus orang akan malu dirikan tenda-tenda," ucapnya.(apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template