Tanam Padi di Tegalwaru Dipercepat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanam Padi di Tegalwaru Dipercepat

Tanam Padi di Tegalwaru Dipercepat

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Oktober 2017 | 12.30.00

TEGALWARU, RAKA - Unit pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pertanian dan Pangan (Distan) Kecamatan Tegalwaru menggelar koordinasi bersama puluhan Ketua Kelompok membahas teknis percepatan tanam di bulan Oktober 2017 di areal tanam Kecamatan Tegalwaru, Senin (2/10).

Dalam upaya meningkatkan swasembada pangan di Indonesia pada 2017 ini dilakukan berbagai upaya oleh UPTD Pertanian guna mewujudkan peningkatan produksi tanaman pangan, khususnya padi, salah satunya melalui koordinasi secara intensif bersama kelompok tani sekecamatan Tegalwaru.
"Percepatan tanam akan mendorong upaya peningkatan indek kuota pendapatan hasil para petani. Hanya saja, yang masih menjadi kendala sejumlah lahan persawahan sampai sekarang masih mengandalkan hujan karena merupakan lahan teknis hujan atau tadah hujan. Jadi berharap musim hujan lebih awal maka percepatan akan bisa dikejar," ucap Plt Kepala UPTD Pertanian, Ir. Sutikna. 
Lain lagi Plt. Camat Tegalwaru. H.Udin Samsudin. SH. MH. dia mengatakan percepatan tanam itu merupakan upaya yang baik. Namun dirinya mengingatkan agar para kelompok tani memikirkan lebih bijak agar tidak terjebak. "Mudah-mudahan bulan Oktober ini musim hujan bisa serentak maka percepatan tanamnya bisa dikejar, namun lebih dipikirkan kembali guna mengantisipasi kerugian yang lebih banyak," ujarnya.
Sementara anggota kelompok tani Desa Cintalaksana Saprodi (32) menerangkan jika patokan yang sering dibaca tentang perubahan alam, para petani biasa menggunakan baca alam, hingga jarang menggunakan alat yang profesional dan hanya berpatokan dengan kencang angin dan perubahan waktu hujan yang kini sudah di mulai pada malam hari. "Sekarang sudah jalan empat minggu, yang terjadi hujannya dan biasanya saya dan para petani menggunakan alam sebagai patokannya. Makanya kami semua mengebut pekerjaan menanamnya," ucapnya.
Sementara petugas lapangan pertanian, Didi (30) mengatakan, jika dilihat dari kondisi alam dengan berpatokan kepada Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan masih aman dan bisa diandalkan hingga bulan Juni mendatang. "Sepertinya disaat ini intensitas hujan masih aman dan masih bisa berlangsung di musim sekarang dengan aman. Namun perlu pengaman bibit malah saat ini yang perlu diamankan khawatir malah intensitas tinggi membuat bibit padi menjadi tidak terjaga dengan baik. Bahkan malah membuat bibit terendam," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template