Stok Pupuk Bersubsidi Masih Aman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Stok Pupuk Bersubsidi Masih Aman

Stok Pupuk Bersubsidi Masih Aman

Written By ayah satria on Sabtu, 21 Oktober 2017 | 17.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Memasuki musim tanam rendeng yang dimulai awal Oktober 2017 sampai Maret 2018, produsen pupuk subsidi, PT Pupuk  Kujang  Cikampek menjamin  ketersediaan pupuk untuk kebutuhan petani.
Manager Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek, Ade Cahya Kurniawan menyampaikan, di lapangan seluruh penyaluran dan pengadaan pupuk bersubsidi berjalan dengan lancar dan baik sampai ketangan petani, sehingga tidak menghambat masa tanam tahun ini.
Adapun beberapa strategi yang dilakukan diantaranya penyediaan pupuk di gudang lini III, penambahan gudang-gudang, peningkatan kapasitas stok dan penambahan petugas lapangan di setiap kabupaten guna memonitor stok serta melakukan koordinasi dengan dinas setempat. Selain itu PT Pupuk Kujang juga memiliki sistem informasi untuk memonitoring stok pupuk yang bisa diakses melalui website atau pemanfaatan media sosial dilingkup petugas lapangan, distributor, departemen pemasaran dan departemen produksi PT Pupuk Kujang. "Dengan demikian ketersediaan pupuk di gudang-gudang produsen maupun gudang-gudang distributor (lini III) pendistribusiannya ke kios-kios resmi penjual pupuk bersubsidi tetap terjaga dan dapat dilaksanakan dengan segera," ujar Ade melalui rilisnya.
Menurut Ade, di wilayah tanggungjawab PT Pupuk Kujang yaitu Jawa Barat dan Banten dipastikan ketersediaan pupuk dari gudang produsen hingga di tingkat distributor dan pengecer mampu memenuhi kebutuhan petani lebih dari ketentuan dua minggu kedepan. Hal tersebut dapat terlihat pada total posisi Stok pupuk urea bersubsidi sampai dengan Minggu ke-III Oktober 2017 di gudang lini II produsen dan gudang lini III distributor sebanyak 196.514 ton atau 10kali dibandingkan dengan kebutuhan pupuk urea bersubsidi dua minggu kedepan sebesar 20.539 ton, sehingga stok dipastikan mencukupi kebutuhan hingga 2 bulan kedepan.  "Sedangkan Realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi di Jawa Barat-Banten sampai dengan minggu ke-III Oktober 2017 sebesar 423.819 ton atau 99% dibandingkan dengan ketentuan pergub sebesar 428.490 ton. Selain itu, Kujang juga menyiapkan stok pupuk NPK sebanyak 32.236 ton dan pupuk organik sebanyak 10.036 ton," bebernya.
Dengan kepastian stok pupuk, dia berharap tidak ada lagi keluhan petani yang sulit mendapat pupuk di lapangan. Menurutnya, mekanisme penyaluran yang baru mengharuskan distributor tetap menebus meski petani belum menggunakannya, supaya ada kepastian stok. Dengan cara baru itu membuat pengecer maupun distributor punya tabungan pupuk untuk keperluan sekitar dua sampai tiga pekan ke depan. "Serapan biasanya akan tinggi pada saat musim tanam Oktober-Maret, oleh karena itu perusahaan telah siap manakala permintaan pupuk oleh petani meningkat dari kondisi sekarang," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template