Stasiun Kereta Super Cepat Dibangun di Telukjambe Barat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Stasiun Kereta Super Cepat Dibangun di Telukjambe Barat

Stasiun Kereta Super Cepat Dibangun di Telukjambe Barat

Written By ayah satria on Kamis, 05 Oktober 2017 | 19.36.00

KARAWANG, RAKA - Lintasan kereta super cepat Jakarta-Bandung yang dikabarkan akan melintasi Kabupaten Karawang, ternyata bukan isapan jempol. Dalam penyusunan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Transit Oriented Development (TOD) kereta cepat, yang berlangsung di Hotel Swiss-Belinn, disebutkan selain akan dibangun stasiun, juga rencana pola ruang kawasan perkotaan di Telukjambe Barat.
Isinya, di wilayah tersebut nanti ada kolaborasi perumahan dan perdagangan atau jasa, campuran perumahan dan perkantoran, perkantoran dan perdagangan/jasa, stasiun terpadu, perumahan kepadatan tinggi, perumahan kepadatan sedang, perumahan kepadatan rendah, aneka industri, perdagangan dan jasa tunggal, perdagangan dan jasa, kantor pemerintahan, kantor swasta, sempadan sungai, sempadan ruang terbuka hijau, sempadan irigasi teknis, sempadan jasa tol, sempadan rel kereta, sempadan sutet, ruang terbuka biru,ruang terbuka hijau lingkungan dan permukiman, ruang terbuka hijau perkotaan, ruang terbuka hijau pemakaman, pendidikan, transportasi, kesehatan, olahraga, sosial budaya, dan tempat peribadatan.
Perwakilan Kawasan Industri Trans Heksa Karawang Sugiharto menyampaikan, pembangunan jalur kereta super cepat Jakarta-Bandung di wilayah Karawang, salah satu perencanaan program pemerintah secara nasional. "Inikan program permerintah secara nasional, termasuk kawasan indutri di sekitar Transit Oriented Development (TOD). Ini tentunya sangat mendukung. Karena Karawang ada TOD stasion nya," tuturnya kepada Radar Karawang, Rabu (4/10).
Ia melanjutkan, hal tersebut perlu dukungan semua unsur baik pemerintahnya juga masyarakatnya, agar kemajuan Karawang lebih pesat dan semakin berkembang. "Karena kereta cepat itu bukan hanya lewat saja, tapi berhenti di Karawang," tuturnya.
Sementara itu, Ketua 2 Tim Leader Penyusunan RDTR Kawasan di Sektor TOD Kereta Api Cepat, Reni Savitri menyampaikan, pembangunan jalur dan stasiun kereta super cepat di Kabupaten Karawang, harus memperhatikan kawasan di sekitarnya. Jangan sampai tidak membawa manfaat bagi masyarakat. Intinya, kata Reni, kereta super cepat tersebut tidak hanya berhenti dan selesai. Karena nanti disana itu ada sarana komersial bisnisnya, dan akan menjadi wajahnya Karawang. "Seperti halnya keinginan pemerintah derah yang menginginkan adanya sarana olahraga regional, dan unsur budaya lokal. Artinya agar masyarakat Karawang jangan sampai terpinggirkan di segala hal," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template