SMK Taruna Sakti Dilatih Tentara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Taruna Sakti Dilatih Tentara

SMK Taruna Sakti Dilatih Tentara

Written By ayah satria on Sabtu, 21 Oktober 2017 | 15.00.00

PURWAKARTA, RAKA- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Sakti terapkan sekolah berbasis taruna bekerja sama dengan Batalyon Artileri Medan (Armed) 9. Ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh sekolah.
Kepala SMK Taruna Sakti Yayang Gilang Sonjaya mengatakan, sebelum di SMK Taruna Sakti, para siswa baru harus mengikuti pendidikan ketarunaan selama 2 Minggu di Batalyon Armed 9 Purwkarta. "Kurikulumnya pun ada kurikum ketarunaan, di mana pembelajarannya dipegang langsung oleh Kepala Sersan Sarif Suryana dari Batalyon Armed 9," ungkap Gilang, kepada Radar Karawang, Jumat (20/10).
Dirinya menuturkan, pendidikan ketarunaan juga merupakan program pembenahan mentalitas peserta didik, di mana siswa harus disiplin dan mengikuti tata tertib ketarunaan. "Sebelum masuk sekolah ada juga kegiatan apel pagi, apel sore untuk memonitoring kehadiran siswa. Sehingga terpantau kalau-kalau ada siswa yang kabur," paparnya.
Gilang juga menyebutkan, SMK Taruna Sakti prestasinya tidak hanya akdemis, tapi non akademis dan sudah mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi dalam program link and match di Cikarang bulan Agustus lalu. "SMK Taruna Sakti juga menyediakan beasiswa sampai tamat kuliah untuk siswa yang akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dengan bekerja sama dengan 4 perguruan tinggi diantaranya STIE Tribuana Bekasi, STT Mitra Karya Bekasi, STMIK Mitra Karya Bekasi, dan STID Mitra Karya Bekasi," terangnya.
Dirinya menambahkan, bagi siswa yang akan melanjutkan bekerja di perusahaan, SMK Taruna Sakti bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung di bawah naungan Kementrian Ketenagakerjaan. Di mana lulusannya langsung dididik, dan dilatih juga bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan akan disalurkan oleh BLK Bandung. "Nanti siswa juga dapat magang diperusahaan mitra seperti PT Hyno, Nisan, Indorama Syntetic, Hyundai dan perusahaan mitra lainnya," jelas Gilang.
Lebih lanjut Gilang menuturkan, sistem pembelajaran di SMK Taruna Sakti sudah virtual digital dan menjadi tempat lisensi bidang otomotif kendaraan ringan. "SMK Taruna Sakti merupakan satu-satunya sekolah yang mendapat lisensi sebagai tempat uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi dari BNSP dan lulusannya tersertifikasi oleh BNSP," ucapnya.
Dia menuuturkan, bahwa SMK Taruna Sakti mempunyai 4 jurusan yaitu broadcasting, teknik sepeda motor, teknik kendaraan ringan, dan akuntansi dengan total siswa keseluruhan 420 siswa. "Kemaren SMK Taruna Sakti menjadi salah satu kontingen di bidang desain grafis mewakili Purwakarta ke tingkat provinsi dan berhasil menembus festival film nusantara dengan peringkat ke 2, dan juara danton terbaik se- Jawa Barat atau dikenal sebagai Paguron Pamanah Rasa. Melalui spirit SMK Juara, SMK Taruna Sakti siap membangun Purwkarta berkarakter dan berkualitas," pungkasnya.(cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template