SMK Muttaqien Kerja Sama dengan Industri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Muttaqien Kerja Sama dengan Industri

SMK Muttaqien Kerja Sama dengan Industri

Written By ayah satria on Kamis, 19 Oktober 2017 | 20.06.00

PURWAKARTA, RAKA- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muttaqien, mencanangkan program link and match untuk jurusan Teknik Perindustrian. Program ini untuk mewujudkan pendidikan yang efektif guna memberikan manfaat langsung kepada siswa.
Kepala SMK Muttaqien Asep Saepul Malik mengatakan, program tersebut bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementrian Perindustrian dan Perusahaan Industri di Purwakarta. "Secara teknis, nantinya industri akan merekrut karyawan langsung ke sekolah dengan program link and match, kurikulumnya nanti disiapkan oleh Kementrian Perindustrian merujuk kepada kerja sama dengan perindustrian dan sekolah," ungkap Asep, kepada Radar Karawang, Rabu (18/10) .
Asep juga mengatakan, tak hanya SMK Muttaqien yang mengikuti program tersebut, beberapa SMK lain yang ada di Purwakarta juga ikut program serupa, diantaranya SMK Teknik Industri, SMK Lingga Buana dan lain-lain. "Kalau perusahaan yang akan bekerja sama terkait program itu, PT. Indobarat karena wilayah SMK Muttaqien di Purwakarta dan disesuaikan dengan jurusan yang ada," ujarnya.
Dirinya kembali menuturkan, program tersebut belum bisa direalisasikan karena harus menunggu rapat kerja dengan pihak industri. "Untuk MoU sudah, tinggal rapat kerja dengan pihak industri dan menyiapkan kebutuhan sekolah, untuk melatih sumber daya manusia supaya siap kerja di industri tersebut," tegasnya.
Asep menilai, kebanyakan anak belum mempunyai kemampuan yang kompeten ketika kerja di perusahaan. Terkadang link sudah ada tapi SDM belum siap. untuk mengantisipasi hal tersebut maka program link and match dihadirkan. "Program link and match tidak hanya diproyeksikan untuk sekedear kerja di perusahaan, tapi menyiapkan SDM yang siap berdaya saing," paparnya.
Lebih lanjut Asep mengatakan, program ini diperuntukan untuk semua kelas dari kelas 10 sampai kelas 12. "Kalau jurusan Teknik Perindustrian dirasa cukup bagus, namun perlu ada fasilitas dan alat penunjang yang lebih untuk mengoptimalkan skill, itu saja kendalanya," terang Asep.
Asep juga berharap, SMK Muttaqien kedepannya menjadi percontohan untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan siap bersaing di dunia industri. "Semoga dengan adanya program link and match, siswa mampu menumbuhkan kesiapan dan skill dalam bekerja, sehingga bisa bersaing di dunia industri dan persaingan global," pungkasnya.(cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template