Siswa SMP Belajar Usaha dari Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMP Belajar Usaha dari Sampah

Siswa SMP Belajar Usaha dari Sampah

Written By ayah satria on Selasa, 17 Oktober 2017 | 21.13.00

PURWASARI, RAKA - Siapa bilang sampah sudah tidak berarti bagi kehidupan. Pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Purwasari akhir-akhir ini menggalakan program pengumpulan sampah lingkungan sekolah. Hasilnya, sampah yang dikumpulkan itu dijual untuk menambah uang kas pelajar.
Kepala SMPN 1 Purwasari Juhana menyampaikan, program sekolah tersebut memang baru berjalan beberapa minggu ini. Namun antusias siswa dalam mengikuti program sekolah tersebut lumayan tinggi. "Ngumpulin sampah palastik aqua lalu dijual dan uangnya jadi uang kas mereka sendiri," katanya.
Dengan menyediakan tong sampah dimasing-masing kelas, nantinya setiap siswa bisa berlomba untuk mendapatkan sampah plastik paling banyak. Karena dari jumlah sampah yang dikumpul per kelas itu, akan dijual setiap minggunya. "Lumayan kan bisa jadi peluang usaha juga buat mereka," akunya.
Dengan menggalakan program bank sampah tersebut besar kecilnya kata dia, bisa mendidik siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meberikan pelajaran bahwa dari barang yang tidak berharga seperti sampah sekalipun itu bisa menjadi penghasilan. Maka dia berharap, program tersebut bisa terus berjalan setiap harinya. "Untuk saat ini masih berjalan juga," terangnya.
Menurutnya program tersebut bagus untuk mereka yang sudah ditanamkan sejak dini, karena manfaat lainnya adalah bisa menjaga lingkungan untuk selalu bersih. Jangan sampai kata dia, ketika lulus sekolah nanti mereka tidak memeiliki kepribadian yang baik. "Minimal apa yang mereka dapatkan di sekolah bisa diterapkan di lingkungan mereka sehari-hari," harapnya.
Sebab, menurutnya,  pengetahuan tidak berupa akademik saja melainkan ada pelajaran di luar akademik seperti pembiasaan dan penumbuhan akhlakul kharimah. Oleh sebab itu , dirinya terus berpesan kepada seluruh siswa didiknya maupun guru disekolah untuk tidak pernah berhenti belajar. "Bukan hanya siswa bahkan saya sendiri juga lagi belajar untuk memperbaiki diri saya sendiri," ungkapnya.
Sementara salah satu perwakilan siswa, Nadia Sriyansah yang baru duduk dibangku kelas VIII mengaku senang dengan adanya program kebersihan tersebut. Sebab, selain bisa mengajarkan tentang kebersihan, program tersebut juga mengajarkan siswa untuk menjaga kesehatan. "Bisa belajar menjaga kebersihan dan berwirausaha," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template