Satu Hektare Cuma Hasilkan 2 Ton Gabah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Hektare Cuma Hasilkan 2 Ton Gabah

Satu Hektare Cuma Hasilkan 2 Ton Gabah

Written By ayah satria on Senin, 23 Oktober 2017 | 14.08.00

KUTAWALUYA, RAKA- Petani Desa Kutaraja, Kecamatan Kutawaluya, mengeluhkan hasil panen kali ini. Hasil panen merosot akibat serangan hama wereng dan virus kerkdil tanaman atau zonk.
Serangan hama wereng yang menyerang area pesawahan milik petani kali ini terjadi di area pesawahan Desa Kutaraja, adanya serangan hama wereng dan virus kerdil atau zonk menyebabkan peygani harus menanggung kerugian hingga puluhan juta rupiah. Dari total satu hektare sawah yang biasanya mendapatkan 7 ton, kali ini petani hanya menghasilkan 2 ton saja. Tentunya hal tersebut tak sepadan dengan harga obat-obatan yang dibeli para petani.
Menurut salah seorang petani Desa Kutaraja, Usman (45), musim panen kali ini merupakan musim panen terburuk sepanjang ia menjadi petani. Karena, dalam satu hektare sawah hanya dapat menghasilkan 2 hingga 3 ton padi saja. Padahal, pada musim panen sebelumnya ia bisa memanen padinya dengan hasil yang standar yakni dari 7 ton. "Saat ini kami harus merasakan gagal panen, sekalipun gagal, tak separah saat ini. Rugi jelas rugi, karena tak sebanding dengan modal yang kami keluarkan," katanya, kepada Radar Karawang.
Luas area pesawahan yang berada di Desa Kutaraja sekitar 160 hektare, dan 40% diantaranya mengalami gagal panen yang diakibatkan hama wereng dan virus tanaman kerdil. Meskipun asuransi tani sudah di ikuti oleh para petani, namun hingga saat ini belum ada penggantian dari pemerintah. Dirinya berharap, asuransi tani segera dilimpahkan kepada para petani yang sawahnya mengalami kegagagalan. Karena hal tersebut dirasa sangat membantu petani untuk bisa memulai proses tanam kembali. "Tolonglah kepada pemerintah, agar asuransi tani bisa segera dicairkan," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template