RSUD Tambah Kursi Roda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Tambah Kursi Roda

RSUD Tambah Kursi Roda

Written By ayah satria on Jumat, 27 Oktober 2017 | 12.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Bagi rumah sakit, menyediakan kursi roda memang menjadi kewajiban sebagai salah satu fasilitas bagi pasiennya. Untuk itu, guna memberikan pelayanan terbaik kepada pasien yang membutuhkannya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kini menambah jumlah kursi roda. 
Hal itu diutarakan Hukmas dan Promkes RSUD Kabupaten Karawang. H. Ruhimin. SH. Kamis (26/10). Dia mengatakan beberapa kursi bantu pasien yang rusak pun sudah sebagian diperbaiki. Dia menambahkan keberadaan kursi roda secara teknis ditempatkan tepat di setiap pintu masuk unit pelayanan, baik di pelayanan harian seperti poli dan Unit Gawat Darurat (UGD).
Total jumlah alat kursi bantu sekitar 50 set kursi dan penggunanya digunakan setiap hari oleh pasien. "Jadi sekarang pelayanan kami bukan saja non teknis tapi teknis pun akan terus diupayakan supaya pasien akan merasakan kenyamanan. Dan untuk pasien pun kini tidak perlu repot karena di depan pintu utama RSUD Karawang, sudah tersedia kursi roda dan bisa langsung dipergunakan," jelasnya.
Sementara, Pupu Kurniawan (41) pasien RSUD mengatakan jika kini banyak sudah perubahan yang ada di rumah sakit milik pemerintah itu. Diakuinya jika pelayanan semakin dioptimalkan seiring dengan pertumbuhan wilayah Kabupaten Karawang sendiri.  Menurut Pupu bahwa adanya perubahan yang cukup mendasar selain fasilitas penunjang juga pendaftaran secara Online dan rawat inap online. "Mudah-mudahan semakin bertambah usia rumah sakit Kabupaten Karawang semakin membawa banyak perubahan dan pelayanan juga mesti dimaksimalkan. Selain itu pemerintahan bisa peka terhadap kebutuhan rumah sakit miliknya itu dengan memperhatikan kebutuhan juga anggaran," ucapnya.
Sementara disinggung tentang perlunya antrean khusus untuk pasien khusus seperti lanjut usia dan pengguna kursi roda, Dirut RSUD Dr.H.Asep Hidayat Lukman. MM. hanya mengatakan pihaknya terus melakukan pembenahan dari segi pelayanan. Dia mengakui rumah sakit sebagai bagian dari sistem kesehatan nasional ini dituntut untuk meningkatkan kualitas penyediaan fasilitas, pelayanan dan kemandirian. Efisiensi, keunggulan dalam kualitas dan pelayanan saat ini memang dibutuhkan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hal itupun akan dilakukan.
"Kualitas pelayanan dan kepuasan pasien mempunyai hubungan yang sangat erat. Pelayanan Rumah sakit yang berkualitas akan memberikan kepuasan kepada pasien dan menjadi awal membangun hubungan yang kuat untuk jangka waktu yang panjang. Dalam jangka waktu yang panjang ikatan seperti ini memungkinkan rumah sakit untuk memahami dengan seksama harapan pasien serta kebutuhan mereka. Ikatan tersebut memberikan keuntungan bagi rumah sakit berupa finansial dan juga pasien dengan kesembuhannya," ucapnya.
Sebelumnya Sri Yani (55) warga Desa Panyingkiran, Kecamatan Tempuran, sempat mengajukan permintaan antrean khusus itu. Dia berharap permintaan itu menjadi bagian layanan RSUD terhadap pasien khusus. Yani sendiri termasuk pasien tetap poli jantung RSUD Karawang dan saat itupun dia tengah antrean rawat jalan untuk penyakit jantungnya. "Mudah-mudahan kalau pasien usia uzur seperti saya bisa diprioritaskan agar tidak berlama-lama menunggunya," ucap Sri.
Tidak hanya dirinya yang sudah uzur tetapi dia juga merasa kasihan terhadap pasien-pasien yang menggunakan alat bantu. Sepeti kursi roda dan tongkat, mereka juga diperlakukan sama dengan pasien biasa yang secara fisik masih lebih kuat. "Pasien yang menggunakan alat bantu juga ya harus diperhatikan. Kondisi mereka tidak sama dengan pasien-pasien normal yang lebih kuat. Tetapi, itu hanya masukan saja. Sejauh ini pelayanan semua berjalan baik," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template