RSUD Karawang Punya Laboratorium Patologi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Karawang Punya Laboratorium Patologi

RSUD Karawang Punya Laboratorium Patologi

Written By ayah satria on Kamis, 19 Oktober 2017 | 20.35.00

TELUKJAMBE, RAKA - Rumah Sakit Umum Daerah (Karawang kini memiliki instalasi laboratorium tercanggih di wilayah Karawang, Purwakarta dan Subang. Instalasi ini juga didukung tenaga analis, spesialis patologi klinik dan spesialis patologi anatomi. Tim ini akan mengupdate perkembangan ilmu kesehatan untuk memberikan pelayanan laboratorium yang bermutu.
Selain itu, tim itu juga berperan aktif untuk menjadi wahana penelitian di bidang laboratorium untuk menghasilkan analis kesehatan yang profesional dan beretika. Beberapa siklus kualitas kontrolnya pun dilakukan uji coba berkesinambungan, bahkan setiap hari. Instalasi Laboratorium ini merupakan sarana pelayanan kesehatan yang melaksanakan pemeriksaan, pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan-bahan yang berasal dari pasien atau bukan pasien. Hal itu perlu untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan, atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan pasien dan masyarakat.
Kepala Instalasi Laboratorium Patologi RSUD Karawang dr Frida sunarto SpPK MKes, Rabu (18/10) mengatakan jika Instalasi Laboratorium Patologi RSUD Karawang memberikan pelayanan 24 jam. Berada di lantai dasar dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu dan pelayanan yang cepat serta didukung tenaga professional, serta pemeriksaan yang lengkap dan canggih. "Sebagai penunjang diagnosa, Instalasi Laboratorium RSUD Karawang menggunakan alat-alat otomatis dan modern, sehingga dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat hingga diagnosa pasien dapat segera tertangani," ucapnya.
Instalasi Laboratorium RSUD ini, terang Frida, melayani pemeriksaan laboratorium 24 jam dan melakukan berbagai macam pemeriksaan darah, urine, tinja dan cairan tubuh. "Instalasi ini profesional, holistik dan berdimensi teknologi terkini, sehingga mampu memberikan pelayanan prima dalam bidang diagnostik dan ditindaklanjuti kepada pasien dengan kompetensi tinggi selaras tuntutan jaman, disamping mengutamakan profesionalisme serta kecermatan," tegasnya.
Masih dikatakan Frida, Instalasi Laboratorium RSUD juga dilengkapi berbagai peralatan yang mendukung pemeriksaan hematologi dalam 24 jam. Pemeriksaan hematologi bertujuan untuk mengetahui fungsi sel darah dan komponen darah, hemopoiesis, fungsi dan metabolisme ferum, fungsi dan metabolisme vitamin B12 dan folate, metabolisme, hemolisis sel darah merah dan hemostasis. Instalasi di rumah sakit ini juga merupakan unit penunjang medis yang melakukan pemeriksaan cairan tubuh seperti darah, urine, cairan otak dan lainnya. "Untuk membantu menegakkan diagnosis, melihat keberhasilan pengobatan, mengetahui perjalanan penyakit dan menunjang pengelolaan pasien," paparnya. 
Kepala Unit Instalasi Laboratorium RSUD Karawang dr Endang mengatakan, Instalasi Laboratorium merupakan salah satu unit penunjang medis dalam struktur organisasi rumah sakit, berkembang seiring dengan kemajuan teknologi di bidang medis pada umumnya. Menurutnya, Instalasi Laboratorium RSUD Karawang melakukan proses pemeriksaan yang cepat dan didukung dengan peralatan modern akan mempercepat hasil laboratorium untuk pasien Rawat Jalan, IGD, Perawatan Intensif maupun Rawat Inap.
"Masyarakat Karawang yang berobat di RSUD Karawang akan mendapatkan pelayanan yang baik secara Medis dan pengujian Laboratorium sehingga mendapat hasil yang memuaskan hingga bisa ketahui sakit dan obat apa yang tepat bagi pasien," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template