Purwakarta Kekurangan PNS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Purwakarta Kekurangan PNS

Purwakarta Kekurangan PNS

Written By ayah satria on Jumat, 20 Oktober 2017 | 18.36.00

PURWAKARTA,RAKA - Jumlah tenaga aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di bagian stuktur organisasi tata kelola (SOTK) di Kabupaten Purwakarta ternyata masih kurang. Hal ini tentunya bisa berpengaruh terhadap kualitas kinerja pemerintahan.
Pasalnya, tak bisa dipungkiri jika kualitas kinerja pemerintahan, berbanding lurus dengan kondisi sumber daya manusia (SDM) di dalamnya. Logikanya, bagaimana laju birokrasi bisa digenjot semaksimal mungkin, bila mana tenaga yang dibutuhkan masih kurang. "Idealnya per satu dinas atau lembaga SOTK itu dibantu oleh 36 staf. Nah sekarang kita di Pemkab Purwakarta baru rata-rata di angka 10-15 orang staf," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Purwakarta, Ruslan Subanda, kepada sejumlah awak media, kemarin.
Pemkab Purwakarta kekurangan ASN tenaga teknis atau staf yang membantu tugas kepala seksie (kasie). Idealnya, kata Ruslan, per satu kasie dibantu oleh dua orang staf. Sehingga pelayanan publik bisa berjalan maksimal. "Tinggal kesepakatan antara pemkab dengan pemerintah pusat, bagaimana merancang jalan keluar. Mengingat, untuk pembiayaan gaji ASN itu merupakan tanggungan pemerintah pusat melalui dana alokasi umum (DAU)," papar dia.
Selain tenaga teknis, Purwakarta juga memiliki kekosongan jabatan kepala dinas di Dinas Pendidikan dan Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana. Kepala di dua dinas ini masing-masing dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). "Kita sudah mengusulkan ke Kemendagri untuk secepatnya dilakukan pengangkatan," ujar Ruslan.
Meski demikian, sejauh ini indikator kualitas kinerja birokrasi di lingkungan Pemkab Purwakarta dalam keadaan baik. Selama kurun waktu 10 tahun ke belakang, tren kepuasan masyakarakat Purwakarta akan kualitas pelayanan birokrasi meningkat dinamis. "Pelayanan birokrasi Pemkab Purwakarta bersifat jemput bola. Semisal salah satu program yang memudahkan pelayanan kependudukan, kesehatan, pendidikan di program Gempungan di Buruan Urang Lembur," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template