Pondasi Jembatan Ciawitemen Patah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pondasi Jembatan Ciawitemen Patah

Pondasi Jembatan Ciawitemen Patah

Written By ayah satria on Selasa, 17 Oktober 2017 | 21.03.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) diminta melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Jembatan Ciawitemen, di Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat. Saat ini kondisi jembatan itu sedikit miring akibat pondasi di sebelah barat penahan badan jembatan itu patah. 
“saya khawatir saja, karena seringnya jembatan dilintasi truk-truk besar sementara salah satu pondasi penahan badan jembatan saat ini dalam kondisi patah. Kalau tidak cepat diperbaiki bisa-bisa badan jembatannya ikut patah," ungkap Muis, warga Kampung Karadak, Desa Wanajaya, yang tinggal tidak jauh dari Jembatan Ciawitemen, Senin (15/10). 
Muis merupakan tokoh masyarakat Kampung Karadak yang berharap agar kerusakan pondasi di sisi barat jembatan Ciawitemen segera diperbaiki. "Persoalannya bukan hanya pada pondasi penahan jembataan yang patah tetapi aktivitas truk-truk besar semakin hari bukannya berkurang tetapi kian bertambah banyak. Kami selaku warga merasa resah jika jembatan roboh maka akses perekonomia masyarakat di selatan Karawang bakalan lumpuh," ucap Muis.
Hal sama diungkapkan Rusni (41) warga Desa Wanajaya. Kondisi jembatan Ciawitemen sudah keropos. Selain umur jembatan yang sudah tua juga seringnya dilintasi kendaraan dengan tonase besar. Diakuinya, saat perbaikan badan jalan belum lama ini, kondisi pondasi jembatan luput dari perhatian. "Seharusnya pondasi jembatan juga diperhatikan. Jadi tahu daya tahan jembatan sebelum dilakukan pengecoran badan jembatan," tandas Rusni menuturkan kemungkinan penyebab jembatan patah akibat tidak mampu menahan badan jalan yang dibeton.
Sementara Usep (33) warga Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan yang sehari-hari melintasi jembatan menjelaskan jika semua jembatan menuju selatan berusia tua. Selama ini belum pernah dilakukan renovasi secara keseluruhan. "Jembatan Ciawitemen belum pernah dilakukan perbaikan. Satu-satunya jembatan yang pernah diperbaiki hanya yang ada di wilayah Kobak Biru," ucap Usep. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template