Petani Plered Mulai Garap Sawah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Plered Mulai Garap Sawah

Petani Plered Mulai Garap Sawah

Written By ayah satria on Rabu, 18 Oktober 2017 | 15.23.00

PURWAKARTA, RAKA - Memasuki musim hujan tahun ini, petani di Kabupaten Purwakarta mulai sibuk mempersiapkan lahan untuk segera mengolah sawah dan menanam padi. Para petani sangat optimis jika tanaman kali ini dapat memperoleh hasil panen yang melimpah.
Seperti yang di ungkapkan Sumitra (70), petani asal Desa Gandamekar, Kecamatan Plered, yang mengatakan jika hasil panen kali ini akan meningkat ketimbang tahun sebelumnya. Hal ini kata dia, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lancarnya kebutuhan air di sawah, karena ditunjang dengan curah hujan yang cukup baik selama beberapa pekan terakhir. "Tanam padi bertepatan dimusim penghujan, saya dan petani lain optimis akan alami peningkatan hasil panen," ujarnya, Selasa (17/10).
Menurutnya, peningkatan akumulasi jumlah panen tersebut, usaha dari para petani di wilayah itu mampu mengatasi berbagai masalah dalam menggarap sawah. "Insya Allah semua bisa kami atasi, seperti biaya pembilan pupuk dan juga hama atau hewan perusak padi seperti wereng, tikus, keong," ujarnya.
Apalagi, katanya, di wilayah Kecamatan Plered hampir kebanyakan sawah merupakan sawah irigasi ketimbang tadah hujan, sehingga menjadi keunggulan tersendiri dan dimanfaatkan para petani untuk menggarap sawah dengan dengan baik. "Hasil panen kemarin sedikit agak menurun, mudah-mudahan saja panen sekarang normal dan para petani tidak kembali merugi," ujar dia.
Hal senada dikatakan, Junaedi (45), penggarap sawah lainnya. Meski hanya memiliki beberapa ratus meter sawah saja. Namun, musim tanam kali ini merupakan momentum baik bagi dia dan petani lainnya. "Untuk itu saat musim tanam ini saya manfaatkan dengan merawat sawah se-intensif mungkin karena merupakan momentum baik bagi para penggarap sawah disini," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template