Perpadi Luncurkan Beras Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perpadi Luncurkan Beras Karawang

Perpadi Luncurkan Beras Karawang

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Oktober 2017 | 20.17.00

KARAWANG, RAKA - Sawahnya ada di Karawang tapi berasnya punya Cianjur. Begitu panen dan sampai pasar sudah dalam kemasan beras-beras bermerek terkenal. Rumor seperti ini lama beredar di Karawang. Tetapi kemarin, kemasan beras bermerek Karawang resmi diluncurkan. Bahkan Pemda mendukung Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Karawang agar beras super Karawang bisa dinikmati warga karawang.
Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, H.Teddy Rusfendi Sutisna menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Senin (30/10) di Plaza Pemda. Menurutnya Kota Karawang yang saat ini menjadi pemasok beras terbesar ke dua secara nasional diharapkannya bisa memasarkan beras sendiri di kota sendiri. "Beras Karawang kita suport. Selama ini kita prihatin. Karawang ini nomer dua terbesar secara nasional kalau saya lihat dipasaran juga beras karawang ini banyaknya keluar, dan yang menikmatinya buka orang-orang Karawang, termasuk beras Raskin juga bukan beras Karawang ini menjadi keluhan dari Ibu bupati," ujarnya.
Dikatakan Teddy jika saat ini pemerintah berusaha untuk dapat memaksimalkan penjualan beras super Karawang bagi warganya sendiri. Hal utama yang Teddy upayakan memaksimalkan ASN yang ada di Karawang sebanyak 12.000 agar dapat mengkonsumsi beras Karawang. "Upaya kita yang pertama dimulai dari ASN kita untuk membeli dulu minimal 10 Kg dan kedepan lebih banyak lagi sehingga dengan demikian kedepan kita bisa merencanakan untuk kebutuhan masyarakat," ucapnya. 
Masih dikatakan Teddy jika saat ini, selain ASN, masyarakatpun jangan sampai tidak mengetahui. Jika saat ini pemerintah mendukung kebutuhan pangan dan dimulai dari beras terlebih dahulu. "Kita akan mendorong agar masyarakat Karawang mengkonsumsi beras Karawang," paparnya.
Sementara itu dijelaskan Ketua Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Karawang Dede Samsudin dengan adanya koperasi perpadi yang baru terbentuk kini telah memiliki konsep dan memprogramkan untuk menjual beras Karawang yang didapatkan langsung dari petani bisa dinikmati oleh masyarakat Karawang ASN dan semua industri untuk dapat membeli beras dari Karawang. "Kita anggota perpadi akan beli beras langsung dari petani Karawang sehingga berasnya dijual ke Karawng juga sebisa mungkin kita tidak lagi menjualnya ke Cipanas, Bogor dan lainnya," utasnya.
Terkait harga beras super Karawang itu, sebut Dede, lebih rendah jika dibandingkan pertokoan yang ada di Karawang. "Sekarang kita menjual 11.500/kg, kalau di toko di atas Rp 12.000/kg. Untuk kualitas kita berani bersaing karena ini beras super Karawang," ujarnya.
Masih dikatakan Dede jika Perpadi sudah menawarkan beras kepada ASN dan ke setiap SKPD beras yang dihasilkan langsung petani yang siap bersaing harga dan kualitasnya. "Setelah ditawarkan ke PNS responnya bagus dan pak sekda tadi (kemarin) telah menghimbau ASN untuk membeli beras langsung dari petani. Alhamdulillah sekarang kita launching ini Beras karawang," ucapnya.
Sementara itu Dewi Handayani ASN Karawang, menyampaikan dengan adanya program Perpadi memfasilitasi masyarakat dapat menikmati beras asli Karawang dinilainya sangat bagus, agar bisa mendorong potensi-potensi daerah yang dikenal sebagai kota lumbung padi. "Ini sangat bagus mudah-mudahan bisa terus dikembangkan agar kota yang dijuluki lumbung padi ini masyarakatnyapun dapat makan beras garapan sawah sendiri," ujarnya. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template