Penyeberang Jalan Tekan Tombol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Penyeberang Jalan Tekan Tombol

Penyeberang Jalan Tekan Tombol

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Oktober 2017 | 12.00.00

*Lampu Merah Model Baru Direncanakan di Jalan Bypass Ahmad Yani

KARAWANG, RAKA - Persoalan lalulintas di sepanjang Jalan Bypass Ahmad Yani tidak berhenti hingga orang menyeberang jalan tetapi mesti bisa sampai memindahkan angkot dan kendaraan pribadi dari pinggir jalan ke luar jalan raya.

Selama ini penyebab kemacetan dan kesemrawutan lalulintas di jalur tersebut memang bermuara dari dua hal tersebut. Sementara fasilitas yang bisa jadi solusi yakni jembatan penyeberangan orang (JPO) agaknyapun belum dimanfaatkan secara optimal. Produk Dinas Perhubungan (Dishub) itu bahkan dianggap sia-sia menyusul rencana Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan terobosan di jalan sekitar Ahmad Yani menggunakan lampu lalulintas yang bisa digunakan penyeberang jalan. "Lampu merah itu nantinya akan menyala merah setelah warga yang akan menyeberang memencet tombol yang disediakan di bawah tiang lampu merah," ucap Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR H Rusman Kusnadi, Selasa (3/10).
Disinggung perihal JPO yang saat ini sudah ada di Jalan Bypass Ahmad Yani, Rusman menilai jika jembatan tersebut keberadaannya tidak maksimal. "JPO itu yang buat Dishub setahu saya dan itu dilakukan bukan hanya di Ahmad Yani tapi banyak. Jika kedepan lalulintas kian tinggi memang bagus JPO itu ada karena bisa lebih aman bagi penyeberang jalan," tuturnya.
Namun Rusman menilai jika jika kondisi Jalan Ahmad Yani tersebut akan kelihatan indah jika sarana penyeberang jalannya dalam bentuk lampu lalulintas yang bisa digunakan pejalan kaki. "Bagusnya memang dibuatkan lampu merah bagi pejalan kaki seperti di jalan-jalan besar di kota, tapi memang resikonya kalau yang melintasnya satu orang akan menjadi tidak efektif," tuturnya.
Disinggung tentang pedestrian yang nantinya ada di sepanjang Jalan Ahmad Yani, dikatakan Rusman saat ini PUPR sudah melakukan tahapan-tahan perencanaan dan bekerjasama dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) untuk melakukaan penataan kota. "Saat ini sedang masa perencanaan dibuatkannya pendestrian yang nantinya dilakukan dikiri dan kanan jalan, bekerjasama dengan PRKP," tuturnya kepada Radar Karawang di ruang kerjanya. (apk)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. baru di karawang y?tp jakarta dan kota bogor udah lama nerapin kek gini min??

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template